STRATEGI MEMBELAJARKAN PENGUASAAN FAKTA DASAR MATEMATIKA (MATHEMATICS BASIC FACT FLUENCY) SISWA SEKOLAH DASAR
Sari
Penguasaan fakta dasar matematika merupakan komponen penting perkembangan keterampilan matematika siswa yang sangat diperlukan. Penulis merekomendasikan agar dalam membelajarkan fakta dasar diawali dari fase menghitung, bernalar hingga penguasaan.Implemantasinya meliputi menyajikan masalah riil dan membiarkan siswa mengembangkan strategi alaminya secara mandiri.Terkait fakta penjumlahan, strategi penalaran dapat dilakukan dengan aktifitas tambah satu tambah dua, penjumlahan dengan 0, menggunakan 5 atau 10 sebagai acuan, kelipatan dua, hingga dekat kelipatan dua. Untuk fakta perkalian strategi penalaran dapat dilakukan dengan perkalian 0, 2, 5, 9 dan 10, dilanjutkan memanfaatkan fakta-fakta yang sudah diketahui untuk menemukan fakta baru, dan penggunaan game sebagai latihan. Sebagai catatan, beberapa hal perlu dihindari dalam membelajarkan fakta dasar matematika seperti mengabaikan strategi yang dikembangkan sendiri oleh siswa, menghafal, tes berdurasi, dan menjadikan penguasaan fakta menjadi syarat utama belajar pengalaman matematika lebih lanjut. Kata kunci: Penguasaan, Strategi, Fakta Dasar Matematika
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v7i2.1248
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Editorial Office:
Â
Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia
Website : https://ejournal.unkhair.ac.id
p-ISSNÂ 2089-855X
e-ISSNÂ 2541-2906
Alamat Email Jurnal : deltapi@unkhair.ac.id
Â
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
INDEXED BY:
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika © 2024 is licensed under CC BY 4.0