EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJARSISWA PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL
Sari
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi Aritmetika Sosial di kelas VII SMP Negeri 1 Ibu, menggunakan desain penelitian Control Group Pretest-Posttest Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Negeri 1 Ibu. Sampel penelitian ini adalah adalah sebanyak 54 siswa, yang terdiri dari 27 siswa kelas VII-C (Eksperimen) dan 27 siswa kelas VII-D (Kontrol). Data penelitian ini dikumpulkan melalui teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan rumus TP (Taraf Penguasaan), N.Gain (g), uji Normalitas, uji Homogenitas, dan uji parametrik t-test. Hasil perhitungan uji homogenitas diperoleh  <  maka kedua data homogen, serta pada uji normalitas data diperoleh hitung =  dan 2tabel = 11,07 maka  untuk kelas eksperimen, dan hitung = 7,14 dan 2tabel = 11,07 untuk kelas kontrol, maka kesimpulannya data berdistribusi normal. Pengujian hipotesis digunakan uji parametrik dengan t-test. Dari hasil perhitungan diperoleh  = 4,149 >  = 1,675 berarti Ho ditolak dan  diterima. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ibu pada materi Aritmetika Sosial.
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v3i1.128
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.