PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PROYEK BERBANTUAN ICT DAN INSTRUMEN PENELITIAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN STATISTIS, KOMUNIKASI STATISTIS DAN ACADEMIC HELP-SEEKING MAHASISWA
Sari
Tujuan penelitian ini menghasilkan bahan ajar berbasis proyek berbantuan ICT dan instrumen penelitian untuk mengukur peningkatan kemampuan penalaran dan komunikasi statistis serta perilaku academic help-seeking mahasiswa pada pembelajaran pengantar statistik yang belum dikembangkan. Tujuan ini searah dengan permasalahan yang sedang dikaji di dalam penyelesaian disertasi doktor, sehingga diharapkan dapat memperlancar penyelesaian penelitian disertasi doctor tersebut. Penelitian ini diharapkan dapat mengembangkan bahan ajar berbasis proyek berbantuan ICT dan instrumen penelitian melalui kegiatan uji coba (try out) terhadap subyek penelitian. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Khairun Ternate. Rencana penelitian ini akan diterapkan pada pembelajaran mata kuliah pengantar statistik untuk mahasiswa semester tiga. Bahan ajar pengantar statistik yang dikembangkan adalah berbasis proyek berbantuan ICT, sedangkan instrumen yang dikembangkan meliputi: instrumen tes kemampuan penalaran statistis, tes kemampuan komunikasi statistis, skala sikap academic help-seeking mahasiswa, lembar observasi aktivitas mahasiswa dalam pembelajaran, dan daftar cek terhadap kesesuaian penerapan bahan ajar berbasis proyek berbantuan ICT. Teknik analisa data hasil try out bahan ajar dan instrumen tersebut menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Analisa kualitatif untuk mengetahui kesesuaian isi, bahasa, dan konstruksi bahan ajar terhadap pencapaian standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator mata kuliah pengantar statistik dan indikator kemampuan penalaran statistis, komunikasi statistis dan academic help seeking mahasiswa. Selanjutnya, analisa kuantitatif untuk mengetahui kualitas butir soal tes kemampuan penalaran dan komunikasi statistis serta skala sikap academic help-seeking mahasiswa digunakan statistik uji Cochran-Q, uji validitas, uji reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda.
Â
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v3i2.130
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika © 2024 is licensed under CC BY 4.0