Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Diagram Venn melalui Pendekatan Realistic Matematis Education
Sari
Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui 1) kemampuan representasi matematis siswa kelas VII pada materi Diagram Venn melalui pendekatan matematika Realistik, 2) pendekatan matematika Realistik dapat meningkatkan kemampuan reprsentasi matematis siswa dalam menyelesaikan Diagram Venn. Penelitian ini menggunakan desain penelitian One Group Pretest–Posttes Design dan menjadikan siswa kelas VII yang berjumlah 38 siswa sebagai sampel penelitian. Data penelitian dikumpulkan melalui teknik tes untuk mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis siswa terhadap penerapan model Realistic Mathematics Education (RME). Teknik analisis data menggunakan rumus PAP, N.Gain (g), uji Normalitas, dan uji Hipotesis. Hasil tes penelitian dianalisis untuk memperoleh tingkat kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal dengan kualifikasi sebagai berikut: kualifikasi memuaskan sebesar 78,94% dan kualifikasi baik sebesar 21,05%. Pada taraf nyata α = 0,05 diperoleh thitung = 2,88 > ttabel= 1,684. Oleh karena itu hipotesis H0 ditolak, yang berarti bahwa terdapat peningkatan kemampuan representasi matematis siswa tergolong tinggi dengan nilai N Gain yang diperoleh yakni 0,88. Dengan demikian terdapat peningkatan kemampuan representasi matematis siswa melalui model pendekatan RME pada siswa SMP Negeri 4 Mangoli Selatan.
Kata Kunci : Realistik Matematis Education, Kemampuan Representasi, Diagram Venn
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v8i1.1366
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika © 2024 is licensed under CC BY 4.0