PROFIL HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DAN PENANAMAN POSITIF DISIPLIN

La Suha Ishabu

Sari


Pendidikan nasional bertujuan mempersiapkan masyarakat baru yang lebih ideal, yaitu masyarakat yang mengerti hak dan kewajiban dan berperan aktif dalam proses pembangunan bangsa. Esensi dari tujuan pendidikan nasional adalah proses menumbuhkan bentuk budaya keilmuan, sosial, ekonomi, dan politik yang lebih baik dalam perspektif tertentu harus mengacu pada masa depan yang jelas (pembukaan UUD 1945 alenia 4). Yang menjadi permasalahan adalah bagaimana Profil Hasil Belajar siswa melalui pendekatan Matematika Realistis dan penanaman positif disiplin?. Penelitian ini dilakukan pada SD negeri 67 Air Salobar Ambon dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang. Digunakan Instrumen berupa pengamatan aktifitas siswa terutama yangberhubungan dengan Pendekatan Matematika Realistisdan positif disiplin serta melakukan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa.Berdasarkan hasil Pengamatan dan tes Hasil Belajar siswa SD  Negeri 67 Air Salobar, diperoleh secara umum,bahwa profil hasil belajar Siswa SD Negeri Air Salobar Ambon diperoleh bahwa pada pertemuan pertama yang tuntas KKM hanya 8 siswa (38,1%) sedangkan yang tidak tuntas 13 siswa (63,9%), hal ini disebabkan dalam kegiatan pembelajaran tidak menyenangkan dan menoton. Selanjutnya dilakukan pembelajaran yang kedua (pertemuan II) sehingga diperoleh hasil belajar siswa Kelas II SD Negeri Air Salobar Ambon yang telah mencapai KKM sebanyak 18 orang atau sebesar 86,7 %, dan yang belum mencapai KKM sebanyak 3 siswa atau sebesar 13,3%, hal ini disebabkan karena faktor lain yang mempengaruhinya.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v4i1.144

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Editorial Office:
 
Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia
Website : https://ejournal.unkhair.ac.id
p-ISSN 2089-855X
e-ISSN 2541-2906
Alamat Email Jurnal : deltapi@unkhair.ac.id
 
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
INDEXED BY:

           

View My Stats Delta-Pi

 

Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika © 2024 is licensed under CC BY 4.0

slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor