Optimalisasi Penggunaan Media Styrofoam Untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Persamaan Garis Lurus Siswa kelas VIII1 SMPN 1 Bandar Dua

NANA PUSPITA

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa,meningkatkan  aktivitas siswa serta kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran. Media Pembelajaran  yang digunakan adalah media styriofoam  yang dibantu dengan benang  untuk membuat grafik garis lurus. Metode penelitian tindakan kelas (PTK) ini terdiri atas 2 siklus dengan tahapan setiap siklusnya terdiri dari kegiatan perencanaan, melakukan tindakan, observasi serta refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII1  (23 orang) di SMPN 1 Bandar berdasarkan pra tindakan sebanyak 52% siswa tidak tuntas hasil belajar. Data yang dikumpulkan melaui test dan observasi dengan alat pengumpul data yang digunakan butir soal test dan lembar instumen aktivitas siswa dan guru peneliti.  Siklus I siswa tuntas belajar sebanyak 65,3 % dan pada siklus II 78,3%.  Data hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I sebanyak 61,4 % siswa aktif dan meningkat pada siklus II menjadi 69,9 %. Data hasil Observasi proses belajar mengajar guru pada siklus I sebesar 62,5% dengan kategori cukup dan  setelah dilakukan perbaikan dalam Proses belajar mengajar pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 72,3% dengan kategori Baik. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa media styriofoam pada materi  Persamaan garis lurus karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa, meningkatkan aktifitas siswa serta peningkatan kemampuan guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar.

Kata Kunci : hasil belajar,  styrofoam,  persamaan garis lurus


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aqib, Z., & Chotibuddin, M. (2018). Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas:(PTK). Deepublish

Bernard, M., Rosyana, T., & Afrilianto, M. (2018, December). Improve students creative ability in discrete mathematics course with approach open ended assisted visual basic application for excel. InInternational Conference on Mathematics and Science Education of Universitas Pendidikan Indonesia(Vol. 3, pp. 602-607)

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.(2017).Edisi Revisi Buku Siswa SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta




DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v9i1.1724

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Editorial Office:
 
Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia
Website : https://ejournal.unkhair.ac.id
p-ISSN 2089-855X
e-ISSN 2541-2906
Alamat Email Jurnal : deltapi@unkhair.ac.id
 
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
INDEXED BY:

           

View My Stats Delta-Pi

 

Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika © 2024 is licensed under CC BY 4.0

slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor