Pengaruh Minat dan Kedisiplinan Siswa dengan Gaya Kognitif Field Indefendent terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Farmasi Yamasi Makassar
Sari
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaiamana minat belajar dan kedisiplinan siswa dengan gaya kognitif field indefendent terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Farmasi Yamasi Makassar.Penentuan sampel adalah dari seluruh siswa kelas X diberikan tes gaya kognitf Group Embedded Figures Test (GEFT), dan didapatkan hasil sebanyak 35 orang bergaya kognitif fiekd indefendnt. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Dalam menganalisa data digunakan softwere IBM SPSS versi 25 for Windows. Analisis meliputi uji validitas dan uji relibilitas untuk angket minat dan kedisiplinan. Selanjutnya dilakuka uji prasyarat meliputi a) Uji Normalitas, b) Uji Linearitas, c) Uji Multikolinearitas serta . uji hipotesis yaitu analisis regresi ganda. Pada uji hipotesis didapatkan nilai sig untuk minat belajar dan kedisiplinan dengan taraf signifikan 5% (0,05) yaitu 0.000 < 0,05 artinya minat belajar dan kedisiplinan berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa dengan gaya kognitif field indefendent pada kelas X SMK Farmasi Yamasi Makassar. Besar pengaruhnya yaitu 53,9%, selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain. Kesimpulan penelitian ini yaitu minat belajar dan kedisiplinan berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa dengan gaya kognitif field indefendent pada kelas X SMK Farmasi Yamasi Makassar.
Kata Kunci: Field Indefendent, Minat Belajar, Kedisiplinan
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2283
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika © 2024 is licensed under CC BY 4.0