PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM MENGKONSTRUKSI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PENALARAN LOGIS MATEMATIS SISWA
Sari
Pengetahuan matematika memiliki aspek kritis dan logis yang tersusun secara konsisten yang dibentuk melalui berpikir mengenai pengalaman suatu obyek yang diperoleh melalui abstraksi reflektif. Berpikir kritis dan penalaran logis sebagai sifat matematika sangat penting untuk dikembangkan pada siswa melalui pembelajaran kooperatif. Kemampuan berpikir kritis mendorong siswa menginterpretasikan dan mengevaluasi informasi untuk membuat keputusan berdasarkan kemampuan, menerapan ilmu pengetahuan dan pengalaman, semntara penalaran logis sebagai proses pencapaian kesimpulan logis berdasarkan fakta-fakta dan sumber yang relevan. Regulasi pembelajaran kooperatif dengan mengarahkan siswa belajar secara kolaboratif diharapkan terbentuknya sifat sosial pembelajaran, mengemulasi kemampuan pemecahan masalah, dan terbentuknya pelatihan kognitif pada siswa meningkatkan kemampuan berpkir kritis dan penalaran logis. Kemampuan tersebut secara bertahap terkonstruksi melalui interaksi siswa dengan orang dewasa atau teman sebaya yang lebih terampil. Pembelajaran kooperatif memiliki pengaruh positif pada perkembangan  sosial, penciptaan keterampilan hubungan persahabatan antara siswa, dan terkonstruksinya kemampuan berpkir kritis dan penalaran logis matematis. Â
Â
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Barnes, 1992. Mathematical Thinking.McMillan Publishing Company, New York.
Baroody, A.J.,(1993). Problem Solving, Reasoning, and Communicating, (K-8). Helping Children Think Mathematically. New York: McMillan Publishing Co.Inc.
Dehghan Shadkami, M. (2009). The Effects of Cooperative Learning on the Progress and Self-Respect of girl students, Tehran guidance schools. MS Thesis, Islamic Azad University, Science and Research branch.
Ennis, H., (1996). Critical Thinking. Prentice Hall, Upper Saddle River, NJ 07458, New Jersey.
Gallagher & Reid. (2002). The Learning Theory of Piaget and Inhelder. United America States : Universe.
Hossaini Zavaran, M. (2005). The effects of Cooperative Learning on Social Skills, Educational self-esteem, and the Educational Effort Mathematic Subjec;, Third grade students, Zarin dasht.
Isjoni, 2010. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Alfabeta, Bandung.
Johnson, D., & Johnson, R. (1989).Cooperative and Competition: Theory and research Endia, Mn: Interaction Book company.
Kagan, S. (1994). Cooperative Learning. Sanclement, CA: kagan publications ndence.
Keramati, M. R. (2008). The Effects of Cooperative Learning on Academic Success of Physics subjects., Journal of Psychology and Educational Sciences. 38(2), 147-165.
Matlin, M.W., (1994). Cognition, Third Edition. Harcourt Brace Publishers, Forth Worth.
Mirzakhani, M., Yatyari, F., & Kadivar, P. (2008). The Effects of Cooperative Learning Self-Respect and Social Skills on the Academic Achievements of high school students. Periodical on Science and Psychological Research, Tabriz University, 10.
Redhana, I Wayan. 2003. Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Dengan Strategi Pemecahan Masalah.Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran XXXVI. II: 11-21.
Slavin, R. E. (1991). Synthesis of research on cooperative learning . Journal of Educational Leadership, 48,5, 71-82.
Sumarmo, U. (2004). Pembelajaran Keterampilan Membaca Matematika pada Siswa Menengah. Makalah disajikan pada seminar nasional. FKIP, UNSWAGATI: tidak diterbitkan.
Suryasumantri, S., (1984). Ilmu dalam Prespektif: Sebuah Kumpulan Karangan tentang Hakekat Ilmu. Gramedia, Jakarta.
Schwartz, St. P., (1994) Fundamental of Reasoing. New York : McMillan Publishing Company.
Slavin, R.E., & karweit, N. (1981). Cognitive and Affective Outcomes of an Intensive Student Team Learning experience. Journal of Experimental Education, 50, 29-35.
Victoria R.,et.al.,(2010). Professional Noticing of Children’s Mathematical Thinking. Journal for Research in Mathematics Education, Volume 41 No.2, 169-202.
Zourabadi, A. (2003). The Effects of Cooperative Learning on the Social Development and Self-Respect of 5th grade elementary students in Jovin, Sabzevar. MS Thesis, Faculty of Psychology, Allame Tabatabaie University.
DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v5i2.231
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika © 2024 is licensed under CC BY 4.0