Studi Kasus Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Kelas IX SMP Negeri 2 Telukjambe Timur Kabupaten Karawang
Sari
Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengkaji kemampuan representasi matematis siswa SMP pada materi lingkaran. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek penelitian ini adalah 30 siswa kelas IX-A SMP Negeri 2 Telukjambe Timur. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu berupa soal uraian sebanyak enam soal, setiap soal mengacu pada indikator kemampuan representasi matematis. Hasil jawaban siswa dianalisis dan dikelompokkan ke dalam kategori dengan kriteria ketuntasan minimal sekolah (KKM) dan kategori: tinggi, sedang, dan rendah. Kemudian dianalisis secara mendalam dengan memilih jawaban lima siswa melalui teknik selective coding. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa kelas IX SMP Negeri 2 Telukjambe Timur masih tergolong rendah. Hal ini dikarenakan hampir seluruh siswa kurang mampu memenuhi ketiga indikator kemampuan representasi matematis yang harus dicapai. Pada indikator pertama, yaitu representasi visual terdapat 63,4% siswa yang belum memenuhi ketercapaian indikator. Indikator kedua, yaitu representasi persamaan atau ekspresi matematika terdapat 76,7% siswa yang belum memenuhi ketercapaian indikator. Dan pada indikator ketiga, yaitu representasi verbal terdapat 50% siswa yang belum memenuhi ketercapaian indikator.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Farida, N. (2015). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Matematika. AKSIOMA Journal of Mathematics Education., 4(2), 42–52.
Handayani, H., & Juanda, R. Y. (2018). Profil Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Sumedang Utara. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 211–217. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i2.6265
Herlina, Yusmin, E., & Nursangaji, A. (2016). Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Materi Fungsi di kelas VIII SMP Bumi Khatulistiwa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran UNTAN, 6(10), 1–9.
Lestari, A. D. A., & Roesdiana, L. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika, 2(1e), 1291–1300.
Mulyaningsih, S., Marlina, R., & Effendi, K. N. S. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 6(1), 99–110. https://doi.org/10.31958/jt.v22i1.1226
Nadia, L. N., Waluyo, S. T. B., & Isnarto. (2017). Analisis kemampuan representasi matematis ditinjau dari self efficacy peserta didik melalui inductive discovery learning. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 242–250.
Permata, J. I., Sukestiyarno, Y. L., & Hindarto, N. (2017). Analisis representasi matematis ditinjau dari kreativitas dalam pembelajaran cps dengan asesmen diagnostik. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 233–241.
Prameswari, A. A., & Zulkarnaen, R. (2019). Studi Kasus Kemampuan Penalaran Statistis Siswa Kelas IX pada Materi Statistika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika, 2(1e), 1209–12013.
Sanjaya, I. I., Maharani, H. R., & Basir, M. A. (2018). Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Materi Lingkaran Berdasar Gaya Belajar Honey Mumfrod. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 2(1), 72. https://doi.org/10.30659/kontinu.2.1.72-87
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.
Suwanto, & Wahyuni, F. (2018). Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa SMA Tunas Pelita Binjai melalui pembelajaran kooperatif berbasis multiple intelligence. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 4(1), 106–112.
Wantania, M & Tonra, W. S. (2020). Penerapan Strategi Mathematical Habits of Mind (MHM) dalam Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa pada Materi Lingkaran. SIGMA (Suara Intelektual Gaya Matematika), 12(2), 176-194
Wijaya, C. B. (2018). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran Pada Kelas VII-B Mts Assyafi’iyah Gondang. Suska Journal of Mathematics Education, 4(2), 115–124.
DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v10i1.2713
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.