Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Risma Ramadanti Jaelani, Nita Hidayati

Sari


Menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi sistem persamaan linear dua variabel merupakan suatu tujuan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek yang diambil berjumlah 6 orang dengan tingkat kemampuan yang sama yang selanjutnya di kategorikan ST, SS, dan SR. Hasil penelitian pada siswa kelas VIII mengenai sistem persamaan linear dua variabel diperoleh persentase untuk kategori tinggi (ST) sebesar 33,33% berjumlah 2 orang siswa dengan perolehan nilai lebih dari 21,00, artinya hanya 2 orang yang mampu mengidentifikasi masalah dengan baik sehingga mampu memenuhi empat indikator kemampuan pemecahan masalah, sedangkan untuk kategori rendah (SR) sebesar 66,67% sebanyak 4 orang siswa dengan perolehan nilai kurang dari 17,00, artinya 4 orang tersebut masih kurang dalam mengidentifikasi masalah dengan baik, sehingga dalam perencanaan masalah hingga menyelesaikannya masih terdapat kesalahan yang beragam, meliputi kesalahan operasi dan kesalahan konsep. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah masih dalam kategori rendah.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustina, L., & Umar, K. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-langkah Polya pada Siswa SMPN 1 SIPIROK. EKSAKTA: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 22-47.

Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematika Siswa Kelas XI SMA PUTRA JUANG dalam Materi Peluang. Journal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 144-153.

Ananda Pradipta, R., Sanapiah, & Yuliyanti, S. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMPN 7 Mataram dalam Menyelesaikan Soal Garis dan Sudut. Media Pendidikan Matematika2, 79-87.

Bilican Demir, S. (2018). The Effect of Teaching quality and teaching practices on PISA 2012 Mathematics Achievement of Turkish Students. International Journal of Assessment Tools in Education, 645-658.

Fitria, N. F., Hidayani, N., Hendriana, H., & Amelia, R. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP dengan Materi Segitiga dan Segiempat. Edumatica, 49-57.

Fitriatien, S. (2019). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Newman. JIPMat, 53-64.

Handayani, P. (2020). Pengaruh Interaksi Edukatif Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Tembilahan. ASATIZA: Jurnal Pendidikan, 94-107.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakag) di SMPn Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 166-175.

Ratnasari, E. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa kelas IX SMPN 1 Yogyakarta. Skripsi, 96-99.

Sariningsih, R., & Purwasih, R. (2017). Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 163-177.

Susanti. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linier Berdasarkan Tahapan Newman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 71-76.




DOI: http://dx.doi.org/10.33387/dpi.v10i1.2765

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Editorial Office:
 
Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia
Website : https://ejournal.unkhair.ac.id
p-ISSN 2089-855X
e-ISSN 2541-2906
Alamat Email Jurnal : deltapi@unkhair.ac.id
 
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
INDEXED BY:

       

Statistik Pengunjung