Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)

Nursyifa Hafidhoh, Rina Marlina

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah pada materi SPLDV. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah satu siswa berkemampuan tinggi (ST), satu siswa berkemampuan sedang (SS), dan satu siswa berkemampuan rendah (SR). Instrumen pada penelitian ini adalah soal tes kemampuan komunikasi matematis. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa berkemampuan tinggi mampu menginterpretasikan gagasan matematika pada bentuk tulisan, menjelaskan ide pada bentuk tulisan matematika, mengungkapkan soal yang menggunakan permasalahan nyata pada simbol atau bentuk matematika, dan menjelaskan gagasan matematika. Kemampuan komunikasi matematis siswa berkemampuan sedang mampu menjelaskan gagasan matematika, tetapi masih kurang mampu dalam menginterpretasikan gagasan matematika pada bentuk tulisan, menjelaskan ide pada bentuk tulisan matematika, dan mengungkapkan soal yang menggunakan kejadian nyata pada simbol atau bentuk matematika. Kemampuan komunikasi matematis siswa berkemampuan rendah sudah mampu menjelaskan gagasan matematika, tetapi belum mampu menginterpretasikan gagasan matematika pada bentuk tulisan, menjelaskan ide pada bentuk tulisan matematika, dan mengungkapkan soal yang menggunakan kejadian nyata pada simbol atau bentuk matematika.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aini, R. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Proses Pembelajaran. ISLAMIKA GRANADA, 2(1), 48–53.

Aminah, S., Wijaya, T. T., & Yuspriyati, D. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas Viii Pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 15–22. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.29

Arifin, Z., Trapsilasiwi, D., & Fatahillah, A. (2016). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematika Dalam Menyelesaikan Masalah Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Siswa Kelas VIII-C SMP Nuris Jember. Jurnal Edukasi, 3(2), 9. https://doi.org/10.19184/jukasi.v3i2.3522

Hikmah, A., Roza, Y., & Maimunah, M. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Pada Soal Spldv. Media Pendidikan Matematika, 7(1), 29. https://doi.org/10.33394/mpm.v7i1.1428

Mutamina, & Manoy. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Tipe Kepribadian. MATHEdunesa, 8(3), 576–582.

Nurhasanah, R. A., Waluya, & Kharisudin, I. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers, 2017, 769–775.

Rahmawati, N. S., Bernard, M., & Akbar, P. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Smk Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Journal On Education, 1(2), 344–352.

Saputri, F. W. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Model Pembelajaran Number Heads Together (NHT) Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Kelas VIII MTs Al Huda Bandung Tulungagung.

Syafina, V., & Pujiastuti, H. (2015). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi SPLDV. In Skipsi (Vol. 7, Issue 2).

Wardhana, I. R., & Lutfianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Siswa. UNION : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 173–184.




DOI: http://dx.doi.org/10.33387/dpi.v10i1.2785

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Editorial Office:
 
Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia
Website : https://ejournal.unkhair.ac.id
p-ISSN 2089-855X
e-ISSN 2541-2906
Alamat Email Jurnal : deltapi@unkhair.ac.id
 
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
INDEXED BY:

       

Statistik Pengunjung