Proses Berpikir dalam Memecahkan Masalah Matematika ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa Kelas VII Mts.N 4 Enrekang

Erni Ekafitria Bahar, Rina Rina

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa dalam memecahkan masalah matematika dengan tingkat kemampuan yang berbeda yaitu: kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar tes dan pedoman wawancara. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak tiga subjek yang diambil dari kelas VII MTs.N 4 Enrekang. Subjek penelitian ini diambil dengan menggunakan tes pemecahan masalah materi himpunan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan tes dan wawancara. Sedangkan teknik triangulasi yang digunakan yaitu teknik triangulasi dengan metode. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan proses berpikir subjek pada tahap pemecahan masalah yaitu subjek rendah tidak terjadi proses berpikir memanggil kembali dimana subjek tersebut tidak bisa menjelaskan konsep yang terkait dengan soal pada tahap memahami masalah sedangkan pada tahap menyusun rencana dan melaksanakan rencana, indikator proses berpikir yang di maksud yaitu mengolah, terjadi pada ketiga subjek meskipun terdapat hasil yang didapatkan masih ada yang salah dan proses menyimpan, ketiga subjek melakukan pengulangan sedangkan pada tahap memeriksa kembali, proses berpikir mengolah tidak terjadi pada subjek sedang dan subjek rendah.
    

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alhadad, I., Hamid, H & Tonra, W. S. (2020). Penerapan Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(2), 222-236

Isroil, Ahmad, dkk. 2017. “Profil Berpikir Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Matematika†dalam Jurnal Review Pembelajaran Matematika Vol. 2, Nomor 2 (Hal.93-105). http://jrpm.uinsby.ac.id/index.php/jrpm/article/view/34

Mahardiningrum & Ratu. 2018. “Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Pangudi Luhur Salatiga Ditinjau Dari Berpikir Kritis†dalam Jurnal “Mosharafaâ€, Volume 7, Nomor 1, Januari 2018. https://media.neliti.com/media/publications/226583-profil-pemecahan- masalah-matematika-sisw-709e5198.pdf.

Mairing, Jackson Pasini. 2018. Pemecahan Masalah Matematika. Bandung: Alfabeta.

Ngilawajan, Darma Andreas. 2013. “Proses Berpikir Siswa SMA Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Turunan Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent†dalam Pedagogia: Volume 2 Nomor 1 (hal. 71-83). http://ojs.umsida.ac.id/index.php/pedagogia/article/view/48

Poerwadarminta, W.J.S. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Rahmat, Tasnim. 2017. "Proses Berpikir Mahasiswa PMTK IAIN Bukittinggi Dalam Meyelesaikan Masalah Matematika." Jurnal Tarbiyah 24.2 http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/article/view/212/216.

Siswono, T. Y. E. (2002). Proses Berpikir Siswa dalam Pengajuan Soal. Konferensi Nasional Matematika XI, 22-25 Juli 2002, Malang.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukayasa, Dkk. 2015. “Proses Berpikir Siswa Dalam Memecahkan Masalah System Persamaan Linear Dua Variable Ditinjau Dari Gaya Belajar Di Kelas X SMA Negeri 2 Palu†Dalam Aksioma: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 04 Nomor 02. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/AKSIOMA/article/view/7758.

Supriadil, Danar, dkk. 2015. “Analisis Proses Berpikir Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah Polya Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VIII SMP Al Azhar Syifa Budi Tahun Pelajaran 2013/2014†dalam Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika Vol.3, No.2, Hal 204-214. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2math/article/view/5731

Uno, Hamzah B. 2008. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Utomo, Fajar Budi. 2015. "Proses Berpikir dalam Pemecahan Masalah Geometri." APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 1.1: 18-27. http://www.jurnal.stkippgri- bkl.ac.id/index.php/APM/article/v iew/162.




DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v10i1.2911

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Editorial Office:
 
Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia
Website : https://ejournal.unkhair.ac.id
p-ISSN 2089-855X
e-ISSN 2541-2906
Alamat Email Jurnal : deltapi@unkhair.ac.id
 
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
INDEXED BY:

           

View My Stats Delta-Pi

 

Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika © 2024 is licensed under CC BY 4.0

slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor