Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Quantum Teaching And Learning Berbasis Web Materi Geometri Transformasi pada Siswa SMK di Era New Normal
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching and Learning (QTL) berbasis WEB yang digunakan untuk mengcover permasalahan guru selama menghadapi masalah Pendidikan di masa New Normal, dimana jam pertemuan tatap muka dipangkas lebih singkat dari biasanya dan selebihnya dilanjutkan dengan pembelajaran daring yang dilakukan di rumah siswa. Metode dalam penelitian ini merupakan RnD (Research and Development) yang menggunakan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develope, and Disseminate) dari Thiagarajan. Produk dari penelitian berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), dan Tes Hasil Belajar (THB). Subjek penelitiannya adalah siswa SMK Darussalam Blokagung kelas XI TKR1 dan XI TKR2. Kelas XI TKR1 mendapatkan perlakuan pembelajaran QTL, sedangkan kelas X TKR 2 mendapatkan perlakuan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan menurut expert judgement secara umum termasuk dalam kategori baik, dan 2) guru dan siswa secara umum memberikan respon positif terhadap pembelajaran QTL berbasis web. Dari hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran merupakan valid, praktis, dan efektif untuk membantu siswa dan guru dalam kegiatan pembelajaran secara daring.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adiastuty, Nuranita. 2015. Tahapan Pembelajaran Matematika SMK yang Mengarah pada Pemecahan Masalah (POLYA). Jurnal Euclid. Vo.2 No. 2.Prodi Pendidikan Matematika Uswagati Cirebon.
Bentley, Y., Selassie, H., & Shegunshi, A. (2012). Design and evaluation of student-focused eLearning. Electronic Journal of E-Learning, 10(1), 1–12.
DePorter, Bobbi. dan mike Hermacki. 2000. Quantum Teaching and Learning. Edisi Pertama. Bandung: Kaifa
Hobri. 2010. Metodologi Penelitian Pengembangan (Aplikasi Pada Penelitian Pendidikan Matematika). Jember: Pena Salsabila, Cetakan I
Kamsurya, R. (2020). Learning Evaluation of Mathematics during the Pandemic Period COVID-19 in Jakarta. International Journal of Pedagogical Development and Lifelong Learning, 1(2). https://doi.org/10.30935/ijpdll/8439
Kumalasari, Elisia. 2013. Pembelajaran Matematika Dengai{ Gaided Insuiry Berbasis Web Ditinjau Dari Mottvasi Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendiditan don SAINS Program Studi Pendidikan Maemaika FKIP Universitas Jember, Maret 2013.
Maharani, Anggita.2015. Psikologi Pembelajaran Matematika di SMK untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013.Jurnal Euclid Vo. 1 No.2. Prodi pendidikan Matematika Uswagati Cirbo
Mailizar, Almanthari, A., Maulina, S., & Bruce, S. (2020). Secondary school mathematics teachers’ views on e-learning implementation barriers during the COVID-19 pandemic: The case of Indonesia. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(7). https://doi.org/10.29333/EJMSTE/8240
Owusu-Fordjour, C., Koomson, C. K., & & Hanson, D. (2020). The impact of COVID-19 on learning-the perspective of the Ghanaian student. European Journal of Education Studies, 7(3), 88–101.
Rasmitadila, Aliyyah, R. R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Syaodih, E., Nurtanto, M., & Tambunan, A. R. S. (2020). The perceptions of primary school teachers of online learning during the covid-19 pandemic period: A case study in Indonesia. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), 90–109. https://doi.org/10.29333/ejecs/388
Sintema, E. J. (2020). Effect of COVID-19 on the performance of grade 12 students: Implications for STEM education. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(7), 1–6. https://doi.org/10.29333/EJMSTE/7893
Situmorang, Adi. 2016. Model Pembelajaran E-Learning Berbasis Web Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Fkip Universitas Hkbp Nommensen. Jurnal Suluh Pendidikan Fkip-Uhn Volume-3, Edisi-1, Maret 2016
Soedjadi, R. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia; Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan. Jakarta: Dirjen Dikti. Depdiknas. Sumarmo, U.(1987). Kemampuan Pemahamandan Penalaran Matematika
Turmudi.(2008). Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika (Berparadigma Eksploratif dan Investigatif). Jakarta: Leuser Cipta Pustaka.
Yazdi, M. 2012. E-Leraning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Ilmiah Foristek. Sulawesi Tengah: Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Tadula
DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v10i1.2974
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika © 2024 is licensed under CC BY 4.0