Analisis Penalaran Matematika Berdasarkan Gender Ditinjau Dari Kemampuan Hafalan Al Quran
Sari
Abstrak
Penelitian dilakukan untuk menganalisis level kemampuan penalaran siswa laki-laki dan perempuan berdasarkan kemampuan hafalan Al Quran dalam menyelesaikan tes penalaran matematika. Kemampuan penalaran ditinjau dari tiga indikator yaitu analisis, generalisasi dan justifikasi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah delapan orang siswa kelas VIII SMP Islam Athirah Makassar yang dipilih berdasarkan jenis kelamin dan kemampuan Hafalan Al Quran yang dimiliki. Data kemampuan penalaran matematika diperoleh dari jawaban tes penalaran matematika dan data kemampuan hafalan Al Quran dari nilai mata pelajaran Tahfidz tahun pelajaran 2019/2020. Data dianalisis secara kualitatif dengan teknik analisis model Miles dan Huberman dan menggunakan rubrik observasi penalaran matematika. Berdasarkan hasil analisis diperoleh siswa laki-laki dan perempuan dengan kemampuan hafalan Al Quran tinggi pada indikator analisis, generalisasi dan justifikasi berada pada level developing. Siswa laki-laki dengan kemampuan hafalan Al Quran rendah pada indikator analysis, generalisasi dan justifkasi berada pada level beginning. Sedangkan siswa perempun dengan kemampuan hafalan Al Quran rendah pada indikator analisis, generalisasi dan justifikasi berada pada level not evident.
Kata Kunci: Penalaran Matematika, Hafalan Al Quran, Gender
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v10i1.2976
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika © 2024 is licensed under CC BY 4.0