Analisis Penalaran Matematika Berdasarkan Gender Ditinjau Dari Kemampuan Hafalan Al Quran

Ikrimah Rustam

Sari


Abstrak
Penelitian dilakukan untuk menganalisis level kemampuan penalaran siswa laki-laki dan perempuan berdasarkan kemampuan hafalan Al Quran dalam menyelesaikan tes penalaran matematika. Kemampuan penalaran ditinjau dari tiga indikator yaitu analisis, generalisasi dan justifikasi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah delapan orang siswa kelas VIII SMP Islam Athirah Makassar yang dipilih berdasarkan jenis kelamin dan kemampuan Hafalan Al Quran yang dimiliki. Data kemampuan penalaran matematika diperoleh dari jawaban tes penalaran matematika dan data kemampuan hafalan Al Quran dari nilai mata pelajaran Tahfidz tahun pelajaran 2019/2020. Data dianalisis secara kualitatif dengan teknik analisis model Miles dan Huberman dan menggunakan rubrik observasi penalaran matematika. Berdasarkan hasil analisis diperoleh siswa laki-laki dan perempuan dengan kemampuan hafalan Al Quran tinggi pada indikator analisis, generalisasi dan justifikasi berada pada level developing. Siswa laki-laki dengan kemampuan hafalan Al Quran rendah pada indikator analysis, generalisasi dan justifkasi berada pada level beginning. Sedangkan siswa perempun dengan kemampuan hafalan Al Quran rendah pada indikator analisis, generalisasi dan justifikasi berada pada level not evident.

Kata Kunci: Penalaran Matematika, Hafalan Al Quran, Gender


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v10i1.2976

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Editorial Office:
 
Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia
Website : https://ejournal.unkhair.ac.id
p-ISSN 2089-855X
e-ISSN 2541-2906
Alamat Email Jurnal : deltapi@unkhair.ac.id
 
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
INDEXED BY:

           

View My Stats Delta-Pi

 

Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika © 2024 is licensed under CC BY 4.0