Analisis Kesalahan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP pada Materi Teorema Pythagoras
Sari
Kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah teorema Pythagoras salah satunya diakibatkan oleh kesalahan pemahaman konsep. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan pemahamn konsep matematis siswa SMP pada materi teorema Pythagoras. Pengumpulan data kesalahan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan teknik tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrument tes yang digunakan adalah soal uraian yang berjumlah 2 soal. Siswa diminta untuk mengerjakan soal tes kesalahan pemahaman konsep matematis, kemudian dilakukan wawancara. Analisis data dengan mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah 19 orang siswa kelas VIII SMP Islam Kota Ternate, kemudian dipilih 5 siswa secara acak sebagai perwakilan subjek penelitian. Â Hasil penelitian menunjukkan kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah teorema Pythagoras adalah kesalahan menyatakan konsep untuk menjawab suatu masalah yaitu kesalahan subjek dalam menggunakan simbol akar dalam menyelesaikan masalah dan kesalahan subjek dalam menggambar segitiga siku-siku yang tepat. Penggunaan konsep oleh siswa tidak sesuai dengan kondisi prasyarat berlakunya konsep tersebut yaitu kesalahan subjek dalam menggunakan rumus teorema Pythagoras untuk mencari panjang sisi segitiga siku-siku dan kesalahan operasi.
Â
Kata Kunci: Kesalahan Pemahaman Konsep; Teorema Pythagoras
                                 Â
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v10i2.3283
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika © 2024 is licensed under CC BY 4.0