Profil Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Kemampuan Awal Pada Kelas VIII

Ernawati Ernawati, Haerul Syam

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS berdasarkan kemampuan awal siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pallangga yang berpikir kritis tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dirancang untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis subjek dalam menyelesaikan soal HOTS berdasarkan kemampuan awal siswa. Data yang diolah adalah kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan soal HOTS berdasarkan kemampuan awal siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian tes dan wawancara. Soal yang digunakan dalam tes mengukur kemampuan berpikir kritis berupa soal essay berjumlah 3 nomor pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Wawancara bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis subjek dalam menyelesaikan soal HOTS berdasarkan tes kemampuan awal siswa terlebih dahulu. Berdasarkan olahan data tersebut, diperoleh bahwa subjek yang berpikir kritis tinggi adalah subjek yang mampu menguasai indikator FRISCO (focus, reason, inference, situation, clarity, dan overview). Subjek yang berpikir kritis sedang yaitu subjek yang hanya menguasai sebagian indikator FRISCO yaitu subjek tidak menjawab pertanyaan konteks permasalahan tetapi subjek dapat menjelaskan pada saat wawancara (focus), subjek tidak menuliskan pada saat tes terkait dengan indikator tersebut yaitu dapat memberikan alasan terkait fakta atau bukti yang relevan pada setiap langkah dalam membuat kesimpulan tetapi pada saat wawancara subjek dapat menjelaskannya (reason), subjek dapat membuat kesimpulan dengan tepat berdasarkan proses identifikasi pada langkah penyelesaian (inference), subjek mampu mengumpulkan informasi- informasi yang relevan dan menggunakan konsep-konsep matematika yang relevan untuk menjawab soal (situation), subjek dapat memberikan kejelasan simbol atau hal-hal yang belum jelas keterangannya (clarity) dan subjek tidak konsisten mengecek ulang pekerjaannya dari awal sampai akhir terlihat dari hasil wawancara (overview). Subjek yang berpikir kritis rendah, subjek tidak mampu memahami materi sistem persamaan linear dua variabel. Subjek sama sekali tidak mengerti cara penyelesaian dari awal sampai akhir dan tidak menguasai indikator FRISCO

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ardiansyah, A. S., & Sunaringtyas, A. D. (2015). Identifikasi Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Tipe Multiple Solution Task. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1997, 462–473. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21483

Ennis, R. H. (2011). The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. Informal Logic, 6(2), 1–8. https://doi.org/10.22329/il.v6i2.2729

Fisher, A. (2011). Critical Thinking An Introduction Second Edition. Cambridge University Press. https://issuu.com/cupeducation/docs/9781107401983_public

Glazer, E. (2010). Using Internet Primary Sources to Teach Critical Thinking Skills in Mathematics. Greenwood Press.

Kurniati, D., Harimukti, R., & Jamil, N. A. (2016). Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP di Kabupaten Jember dalam menyelesaikan soal berstandar PISA. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 142–155. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.8058

Prihartini, E., Lestari, P., & Saputri, S. A. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Menggunakan Pendekatan Open Ended. Prosiding Seminar Nasional Matematika IX 2015, 58–64.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sulistiani, E., & Masrukan. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Semarang 2016, 605–612.

Sumarno, U. (2012). Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA. 17(1), 17–33. c:/Users/USER/Downloads/36048-79868-1-SM.pdf




DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v10i2.3587

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Editorial Office:
 
Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia
Website : https://ejournal.unkhair.ac.id
p-ISSN 2089-855X
e-ISSN 2541-2906
Alamat Email Jurnal : deltapi@unkhair.ac.id
 
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
INDEXED BY:

           

View My Stats Delta-Pi

 

Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika © 2024 is licensed under CC BY 4.0