Pointing gesture guru SMP dalam pembelajaran matematika berdasarkan gender
Sari
Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan pointing gesture guru SMP di Kota Ternate dalam pembelajaran matematika berdasarkan gender. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Studi kasus diarahkan pada pointing gesture guru dalam pembelajaran matematika berdasarkan gender. Instrumen utama dalam penelitian adalah peneliti. Instrumen pendukung penelitian adalah alat rekam, lembar observasi dan pedoman wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 guru SMPN 1 Kota Ternate dan 1 guru SMPN 4 Kota Ternate. Pengumpulan data dilakukan dengan cara merekam, observasi dan wawancara kepada guru dan siswa. Merekam pembelajaran menggunakan handycam dan handphone android. Observasi/ pengamatan menggunakan lembar observasi dan alat rekam. Lembar observasi untuk mengamati pointing gesture guru dalam pembelajaran matematika. Pengamatan juga dilakukan untuk pencatatan rincian materi matematika dan tulisan yang dihasilkan guru selama pembelajaran. Wawancara dilakukan setelah proses pembelajaran. Wawancara kepada guru atau siswa berbasis rekaman video dan lembar observasi.  Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif. Analisis data kualitatif dilakukan secara eksploratif dan berlangsung secara terus-menerus sampai tuntas atau tidak diperolehnya lagi data baru tentang pointing gesture guru dalam pembelajaran matematika berdasarkan gender. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru laki-laki (G1) dan guru perempuan (G2) menggunakan pointing gesture ketika memberikan penjelasan materi matematika. Guru laki-laki (G1) dan guru perempuan (G2) menggunakan pointing gesture untuk memfokuskan perhatian siswa sehingga memudahkan siswa memahami materi matematika. Guru laki-laki (G1) dan guru perempuan (G2)  menggunakan pointing gesture disertai pertanyaan untuk memperoleh respon siswa dalam pembelajaran matematika.
Â
Â
Kata kunci: Pointing Gesture Guru, Pembelajaran Matematika, Gender
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Alibali, M.W. & Nathan, M.J. 2007. Teachers’ Gestures as a Means Scaffolding Student’s Understanding: Evidence from an Early Algebra Lesson. Dalam Goldman, R., Pea, R., Barron, B. & Derry, S.J (Eds), Video Research in The Learning Sciences (hlm.349-365). Mahwa, NJ: Erlbaum.
Alibali, M.W. & Nathan, M.J. 2012. Embodiment in Mathematics Teaching and Learning: Evidence From Learners’ and Teachers’ Gestures. Journal of the Learning Sciences, (Online), 21 (2): 247-286.
Diana, P. N dan Mampouw, H. L. 2019. Deskripsi Pedagogical Content Knowledge Guru Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (1): 47-57.
Fadiana, Mu’jizatin. 2016. Peran Gesture dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Masif II, FPMIPATI Universitas PGRI Semarang, Semarang.
Pertiwi, S. A. 2017. Teachers' Interpersonal Comunication Strategies in TEFL at a Senior High School in Makassar. Tesis tidak diterbitkan. Makassar: PPs Universitas Negeri Makassar.
Ruhama, Mustafa A.H., Cholis Sa’dijah., As’ari, A., & Sisworo. 2020. Writing Gesture Accompanied by Teachers in the Conversation Exchange Structure of Mathematical Learning. Universal Journal of Educational Research, 8 (7): 2825-2832.
Ruhama, Mustafa A.H., & Bakar, M.T. 2020. Pointing Gesture dan Tuturan Guru Pada Pola Inisiasi Respon Feedback dalam Pembelajaran Matematika. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9 (2): 132-151.
Ruhama, Mustafa A.H., Cholis Sa’dijah., As’ari, A., & Sisworo. 2018. Pointing Gesture and Speech of Teachers in Mathematics Learning According to Information, Initiation, and Feedback. Journal of Physics: Conf.Series 1028 (2018) 012151.
Ulpa, M. 2014. Gender dan Pembelajaran Matematika. YIN YANG, 9 (2): 263-272.
DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v11i1.4314
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.