Pengaruh locus of control terhadap penalaran matematis siswa
Sari
Salah satu kemampuan yang diharapkan dimiliki siswa dalam kegiatan pembelajaran matematika adalah penalaran. Penalaran dapat membantu siswa dalam mengambil sebuah kesimpulan dari permasalahan yang dihadapi. Berdasarkan nilai UAS di salah satu sekolah (SMA N 8 Tidore Kepulauan, banyak siswa yang belum memenuhi KKM. Didukung oleh hasil keterangan guru di sekolah tersebut bahwa sebagian besar siswa mengalami kesulitan belajar matematika, tidak mampu membuat manipulasi matematika, keliru dalam menyimpulkan masalah matematika. Selain itu, sebagian siswa belum memiliki keyakinan untuk dapat menyelesaikan tugas yang diberikan guru, hal ini dapat dilihat ketika guru menunjuk siswa tertentu untuk menyelesaikan soal di depan kelas, namun siswa tersebut menunjuk teman lain untuk mengerjakan soal tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh langsung locus of control terhadap penalaran matematis siswa kelas XI SMA/SMK se-Kecamatan Oba Utara. Tempat Penelitian ini adalah SMA/SMK se-Kecamatan Oba Utara. Waktu Penelitian dilaksanakan selama 3 bulan yakni bulan Agustus s.d bulan November 2021, dimulai dari persiapan penelitian sampai pada tahap publikasi jurnal ilmiah. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey kausal. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA/SMK se-Kecamatan Oba Utara yang berjumlah 763 orang, diperoleh sampel sebanyak 88 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji persyaratan dan uji hipotesis yang meliputi analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukan bahwa locus of control berpengaruh langsung secara positif dan signifikan terhadap penalaran matematis siswa SMA/SMK se-Kecamatan Oba Utara Kota Tidore Kepulauan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa semakin baik locus of control seseorang semakin tinggi kemampuan penalaran matematisnya.
Kata Kunci: Penalaran Matematis, Locus of Control, Siswa SMA/SMK.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abrams, Jay B. 2010. Quantitative Business Valuation: A Mathematical Approach for Today's Professional: Second Edition. John Wiley & Sons, Inc.
April, K.A., Dharani, B, & Peters, K. (2012). Impact of Locus of control Expectancy on Level of Well-Being. Review of European Studies. 4(2): 124-137.
Depdiknas, 2014. Permendikbud No. 146 Tahun 2014. Jakarta: Depdiknas.
Doane, David P.; Seward, Lori; Seward, L. Welte. 2008. Applied Statistics in Business & Economics with Student CD. New York: McGraw-Hill.
Fadilah dan Siska, R.M., 2018. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Locus Of Control Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Universitas Samudra. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA. Volume 02, No. 02, PP: 100-105.
Ghufron, Nur dan Risnawati, R. 2012. Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Gibson, James L Ivancevich, John M., & Donnelly, James H. 2012. Organizations: Behavior Structure Processes (10th ed). USA: McGraw-Hill Companies.
Handrina, I.A.G., & Ariati, J. (2017). Hubungan Antara Internal Locus of control Dengan School Well-Being Pada Siswa SMA Kolese Loyola Semarang. Jurnal Empati, 6(1): 252-256.
Labhane, C.P., Nikam, H. R., & Baviskar, A. P. 2015. A Study of Locus of Control. The International Journal of Indian Psychology , 3 (7), 104-111.
La Kalamu, L. (2021). Pengaruh Locus of Control Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Kamboti: Jurnal Sosial dan Humaniora, 1(2), 133-143.
La Kalamu, L. 2018. The Effect of Guided Discovery Learning Models on Mathematical Flowing Viewed From The Initial Capability of Mathematics. International Journal of Education Information, Technology and Others, 1(1), 71-78.
La Kalamu, L., (2018). The Effect of Guided Discovery Learning Models on Mathematical Flowing Viewed From the Initial Capability of Mathematics. International Journal Of Education, Information Trechnology, and Others. Voume 1. No. 1 Agustus 2018; PP: 71-78.
La Kalamu, L., Evi, H., Syamsu, Q. B., dan Abd. Haris, P. (2018). The Effect of Locus Control on Mathematical Problem Solving Ability of Gorontalo City State Middle School Students. Journal of Education and Practice, 9(34), 57-63.
Olobatuyi, Moses E. 2006. A User’s Guide to Path Analysis. Lanham, Maryland: University Press of America Inc.
Rosita, C., D. 2014. Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Ditingkatkan pada Mahasiswa. Jurnal Euclid, Vol. 1, Nomor 1, PP: 33-46.
Rum, M. (2012). Locus Of Control, Innovation, Performance Of The Business People In The Small Business And Medium Industries In South Sulawesi. Journal of Economics, Busiiness, and Accountancy Ventura. 15(3): 373-388.
Saragih, (2011). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran dan Locus of Control Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa. Jurnal Kependidikan, 41 (2), 108-119.
Septiani, Y. (2106). Pengaruh Locus of Control Terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM , 2 (1), 118-128.
Setiawan, dkk., 2012. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran dan Locus Of Control Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMA/SMK. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA. Vol. 5 No. 2, PP: 151-165.
Severino, S., Fabio, A., Maura, C., Luisa, F., & Roberta, M. (2011). Distance education: the role of self-efficacy and locus of control in lifelong learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 28 (1): 705 – 717.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sumartini, T., S. 2015. Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 5, Nomor 1, April 2015; PP: 1-10.
Zulkarnain, I. 2015. Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa. Jurnal Formatif, Vol 5. No (1), hlm: 42-54, 2015.
DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v11i1.4356
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika © 2024 is licensed under CC BY 4.0