Eksplorasi etnomatematika masyarakat Desa Sondo-Sondo Kecamatan Wasile Selatan pada permainan SEM
Sari
Abstrak. Etnomatematika menjadi topik yang selalu menarik dan penting untuk dikaji sebagai bentuk apresiasi peneliti terhadap budaya lokal yang selama ini sudah mulai ditinggalkan karena kemajuan teknologi. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan unsur-unsur etnomatematika yang terkandung didalam permainan SEM. Jenis penelitian adalah etnografi dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini yaitu petak permainan SEM, aturan bermain, dan pemain SEM. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data triangulasi yang terdiri dari reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan terdapatnya unsur-unsur etnomatematika pada permainan SEM berupa geometri, konsep garis, hubungan antar sudut dan konsep peluang.
Â
Kata kunci : etnomatematika, permainan SEM.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abdullah, A.A, Richardo, R., Rochmadi,T., Wijaya,A., dan Nurkhamid. 2022 The Use of Ethnomathematics Learning Media Based on Augmented Reality for Madrasah Students. Al-Islah: Jurnal Pendidikan, Vol.4, no.1.
Aprilia, e. d., trapsilasiwi, d., & setiawan, t. b. 2019. etnomatematika pada permainan tradisional engklek beserta alatnya sebagai bahan ajar. kadikma, 85-94.
Ascher,M. 1991.Ethnomathematics: A multicultural view of mathematical ideas. New York: Chapman and Hall.
Ayu Wandari, Kamid Kamid, Maison Maison. ―Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pada Materi Geometri Berbasis Budaya Jambi Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Vol.1No.2:47
Brandt, A., &Chernoff, E. J. 2015. The importanceof ethnomathematics in math class. Ohio journal of school Mathematics,71, 31-36.
Creswell, J.W. 2004. Educational Research. Planing, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Boston: Pearson.
Febriyanti, R. Prasetya, dan A. Irawan. 2018. Etnomatematika pada Permainan Tradisional Engklek dan Gasing Khas Kebudayaan Sunda. Barekeng, vol. 12, no.1, pp. 1-6.
Fauzi, A., & Lu'luilmaknun, U. 2019. Etnomatematika Pada Permainan Dengklaq Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Mataram: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika .
Rachmawati, I. 2012. Eksplorasi Etnomatematika Masyarakat Sidoarjo. Jurnal MATHEdunesa, vol.1, no.1.
Rosa, M., & Orey, D. C. 2011. Ethnomathematics: The cultural aspects of mathematics: The cultural aspects of mathematics. Revista Latinoamericana de Etnomatematicia.
Saidi, S. 2020. Categorization of student thinking types based on dual process theory in solving cognitive reflection test problems
Creator: International Journal of Scientific and Technology Research.
Sundayana, Rostina. Media Pembelajaran Matematika. Cet.1. Bandung: Insan Cendekia, 2013.
Sunzuma, G. & Maharaj, A. 2020. Exploring Zimbabwean mathematics teachers' integration of ethnomathematics approaches into the teaching and learning of geometry. Australian Journal of Teacher Education (Online), 1july.
Tandililing, E. 2013. Pengembangan pembelajaran matematika sekolah dengan pendekatan etnomatematika berbasis budaya lokal sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di sekolah. Prosiding: Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika dengan tema â€Penguatan Peran Matematika dan Pendidikan Matematika untuk Indonesia yang Lebih Baik", 9 November 2013, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, ISBN : 978 – 979 – 16353 – 9 – 4.
Wijaya, Ariyadi. 2012. Pendidikan Matematika Realistik: Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v11i1.4396
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.