Penerapan pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar

Safruddin Sadaralam, In Hi Abdullah, Karman La Nani

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran berbasis masalah, serta ada atau tidak adanya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari kemandirian belajar siswa. Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental dengan desain eksperimen tipe Eksperimen control Pretest-Posttest Design. Hasil pengujian dengan SPSS menunjukkan nilai probabilitas (sig) < 0,05 (0,00 < 0,05) yang berarti terdapat peningkatan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diterapkannya pembelajaran berbasis masalah. Kemudian diperoleh nilai thitung > ttabel (3,328 > 1,998) juga diperoleh nilai sig. 0,001 < 0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat peningkatan kemandirian belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran berbasis masalah. Hasil perhitungan Independent t-test terhadap data kemandirian belajar siswa diperoleh nilai thitung > ttabel (5,383 > 1,998) juga diperoleh nilai sig. 0,000 < 0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari kemandirian belajar siswa.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kemandirian Belajar.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aspiandi, H., Zubaidah, Z., & Nursangaji. (2019). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Bangun Datar di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(11).

Fitriani, R. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP Kelas VII Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(1), 8-14.

Habibatul & Azizah, M. (2019). Analisis kemampuan penalaran siswa dalam pemecahan masalah matematika siswa kelas IV. Indonesian journal of educational research and review, 2(2), 210-218.

Hasibuan, E. K. (2018). Analisis kesulitan belajar matematika siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar di smp negeri 12 bandung. Axiom: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 7(1).

Hidayati, V. (2012). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Materi Bangun Datar Melalui Media Puzzle Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri Kemandungan 03 Tegal. Online. Tersedia: http://lib.unnes.ac.id/19222/ (3 Mei 2016).

Irwanto, E. A. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Luas Bangun Datar dengan Menggunakan Media Karton Berpetak pada Siswa Kelas VI. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(3), 1-10.

Jannah, E. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Materi Bangun Datar pada Siswa Kelas II SD N Piring Melalui Media Papan Berpaku.

Kennedy, L. M., & Tipps, S. (1994). Guiding Children’s Learning Of Mathematics, Sevent edition. California: University of North Texas. 2000. Principles and standards for school mathematics.

Knain, E. & Turmo. (2000). Self Regulated Learning. (Online). Tersedia : www.pisa.no/nordisk-pisa.2000/kap.8pdf (02 November 2020)

Masud, A. 2010. Strategi Belajar Mengajar dan Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Lembaga Penerbit Universitas Khairun (LepKhair)

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston,VA: NCTM

Nursyamsiah, G., Savitri, S., Yuspriyati, D. N., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis kesulitan siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan soal materi bangun ruang sisi datar. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1).

Pasiakan, S. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Datar Melalui Pembelajaran Example Non Example Di Kelas Iv Sdn 347 Lamasi Pantai (Doctoral Dissertation, Universitas Cokroaminoto Palopo).

Prakoso, F., & Rahmatunnisa, S. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Dengan Menggunakan Model Listen And DraW. Jurnal Holistika, 3(1), 45-48.

Rafika, I. Bachtiar.(2017). Upaya guru dalam menumbuhkan kemandirian belajar siswa di SD Negeri 22 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 115-123.

Sanjaya, W. (2011). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group

Simbolon, H., Sofiyan, S., & Ramadhani, D. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Bangun Datar SD Negeri 7 Langsa. Journal of Basic Education Studies, 2(1), 100-100.

Simbolon, S., & Sapri, S. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas IV Materi Bangun Datar di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2510-2515.

Sulistiyah, S. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Materi Bangun Datar Menggunakan Media Benda Konkret Pada Siswa Sekolah Dasar




DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v12i2.6685

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Editorial Office:
 
Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia
Website : https://ejournal.unkhair.ac.id
p-ISSN 2089-855X
e-ISSN 2541-2906
Alamat Email Jurnal : deltapi@unkhair.ac.id
 
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
INDEXED BY:

           

View My Stats Delta-Pi

 

Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika © 2024 is licensed under CC BY 4.0

slot gacor slot