Analisis kemampuan koneksi matematis di tinjau dari self-efficacy siswa kelas XI SMAN 4 Kendari

Dahlan Wahyudi, Winda Syam Tonra

Sari


Abstrak : Penelitian ini adalah penelitian eksploratif menggunakan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk menggungkap kemampuan koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah. Teknik pengumpulan data menggunakan triagulasi waktu. Subjek penelitian 1 siswa dengan kategori Self-Efficacy Kategori Tinggi (SKSET) dan 1 siswa dengan kategori Self-Efficacy Kategori Rendah (SKSER). Insrumen utama adalah peneliti sendiri, instrumen bantu ada 2 macam, yaitu: soal Koneksi Matematis dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, menelaah data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan SKSET memiliki kemampuan Koneksi Matematis yang sangat baik, hal ini dapat dilihat dari setiap jawaban, semuanya dapat dijawab dengan benar serta menyadari bahwa setiap konsep-konsep dalam matematika memiliki keterkaitan antara satu dengan yang lainnya, trigonometri ini dapat diterapkan dalam kahidupan sehari-hari dan dapat digunakan pada bidang ilmu lain selain matematika. Sedangkan SKSER memiliki kemampuan koneksi matematis yang cukup baik walaupun kemampuan penyelesaian masalah yang dimilikinya masih termasuk kategori rendah, pada proses penyelesaian SKSER masih sering keliru dalam menyelesaiakan soal dan menentukan konsep yang digunakan serta hasil penyelesaian yang dituliskan tidak memiliki jabawan dengan benar, akan tetapi SKSER menyadari adanya keterkaitan antar konsep matematika dalam meyelesaikan masalah, dapat diterapkan dalam kahidupan sehari-hari adanya keterkaitan antar konsep matematika dengan bidang ilmu lain selain matematika.

 

Kata kunci : Koneksi Matematis; Self-Efficacy; Trigonometri


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amalia, Yuli (2022). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA pada Penyelesaian Fungsi Invers. Almufi Jurnal Pendidikan (AJP), 2(2), 76-89.

Anita, I. W. (2014). Pengaruh kecemasan matematika (mathematics anxiety) terhadap kemampuan koneksi matematis siswa SMP. Infinity Journal, 3(1), 125-132

Fajri, Nurul. (2016). Analisis Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematis Mahasiswa Pendididkan Matematika : Studi Kualitatif pada Mahasiswa Pendidikan Matematika STKIP Bina Bangsa Getsempena Kota Banda Aceh. NUMERACY, 3(2), 23-30

Hendriana, H., Euis, E.R., Utari, S. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama

Iswara, E., Darhim, D., & Juandi, D. (2021). Students' Critical Thinking Skills in Solving on The Topic of Sequences and Series. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 385-394

Lestari, W.P., & Affifah, D. R. (2016). Pengaruh Self-efficacy dan Kecerdasan Emosi Terhadap Motivasi Siswa Berprestasi Siswa SMK PGRI 1 MADIUN. Counsella: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(2)

Lianto, L. (2019). Self-Efficacy: A Brief Literature Review. Jurnal Manajemen Motivasi, 15(2), 55. https://doi.org/10.29406/jmm.v15i2.1409

Lindawati. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematika Dan Self Efficacy Matematis Siswa Kelas Vii Smp Negri 7 Naringgul Cianjur. Jurnal On Education, 1(3), 281-291

Moleong, Lexy.J. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. NCTM.

Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2008 Tentang Wajib Belajar

Sahertian, P. (2010). Perilaku Kepemimpinan Berorientasi Hubungan Dan Tugas Sebagai Anteseden Komitmen Organisasional, Self-Efficacy Dan Organizational Citizenship Behavior (OCB). Jurnal Manajeman Dan Kewirausahaan, 12(2), 156–169.

Pijarno, R. (2014). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX SMPN 1 Sampang. Jurnal Pendidikan Matematika.(online), http://fkip.ump.ac.id/index.php/artikelilmiah/summarry/8-pendididikan-matematika/382-analisis-kemampuankoneksi-matematis-pada-materi-bangun-ruang-sisi-lengkung-kelas-ix-smpnegeri-1-sampan , diakses tahun 2020.

Prasetyo, T. Imam, Mumun Syaban, & Irmawan. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (Core) Terhadap Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA. Intermathzo, 3(1), 11–17.

Indriani, R., Sritresna, T. (2022). Kemampuan Koneksi Matematis ditinjau dari self efficacy Siswa SMP pada Materi Pola Bilangan. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (1), 121-130

Romli, M. (2016). Profil Koneksi Matematis Siswa Perempuan SMA dengan Kemampuan Matematika Tinggi dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 145

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1).

Sugiman. (2008). Koneksi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Menengah Pertama. Pythagoras, 4(1), 56–66.

UUD Negara RI Tahun 1945 Pasal 31 yaitu Setiap warga negara berhak mendapat Pendidikan

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas




DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v12i2.7177

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Editorial Office:
 
Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia
Website : https://ejournal.unkhair.ac.id
p-ISSN 2089-855X
e-ISSN 2541-2906
Alamat Email Jurnal : deltapi@unkhair.ac.id
 
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
INDEXED BY:

           

View My Stats Delta-Pi