Analisis kemampuan koneksi matematis di tinjau dari self-efficacy siswa kelas XI SMAN 4 Kendari
Sari
Abstrak : Penelitian ini adalah penelitian eksploratif menggunakan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk menggungkap kemampuan koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah. Teknik pengumpulan data menggunakan triagulasi waktu. Subjek penelitian 1 siswa dengan kategori Self-Efficacy Kategori Tinggi (SKSET) dan 1 siswa dengan kategori Self-Efficacy Kategori Rendah (SKSER). Insrumen utama adalah peneliti sendiri, instrumen bantu ada 2 macam, yaitu: soal Koneksi Matematis dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, menelaah data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan SKSET memiliki kemampuan Koneksi Matematis yang sangat baik, hal ini dapat dilihat dari setiap jawaban, semuanya dapat dijawab dengan benar serta menyadari bahwa setiap konsep-konsep dalam matematika memiliki keterkaitan antara satu dengan yang lainnya, trigonometri ini dapat diterapkan dalam kahidupan sehari-hari dan dapat digunakan pada bidang ilmu lain selain matematika. Sedangkan SKSER memiliki kemampuan koneksi matematis yang cukup baik walaupun kemampuan penyelesaian masalah yang dimilikinya masih termasuk kategori rendah, pada proses penyelesaian SKSER masih sering keliru dalam menyelesaiakan soal dan menentukan konsep yang digunakan serta hasil penyelesaian yang dituliskan tidak memiliki jabawan dengan benar, akan tetapi SKSER menyadari adanya keterkaitan antar konsep matematika dalam meyelesaikan masalah, dapat diterapkan dalam kahidupan sehari-hari adanya keterkaitan antar konsep matematika dengan bidang ilmu lain selain matematika.
Kata kunci : Koneksi Matematis; Self-Efficacy; Trigonometri
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Amalia, Yuli (2022). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA pada Penyelesaian Fungsi Invers. Almufi Jurnal Pendidikan (AJP), 2(2), 76-89.
Anita, I. W. (2014). Pengaruh kecemasan matematika (mathematics anxiety) terhadap kemampuan koneksi matematis siswa SMP. Infinity Journal, 3(1), 125-132
Fajri, Nurul. (2016). Analisis Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematis Mahasiswa Pendididkan Matematika : Studi Kualitatif pada Mahasiswa Pendidikan Matematika STKIP Bina Bangsa Getsempena Kota Banda Aceh. NUMERACY, 3(2), 23-30
Hendriana, H., Euis, E.R., Utari, S. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama
Iswara, E., Darhim, D., & Juandi, D. (2021). Students' Critical Thinking Skills in Solving on The Topic of Sequences and Series. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 385-394
Lestari, W.P., & Affifah, D. R. (2016). Pengaruh Self-efficacy dan Kecerdasan Emosi Terhadap Motivasi Siswa Berprestasi Siswa SMK PGRI 1 MADIUN. Counsella: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(2)
Lianto, L. (2019). Self-Efficacy: A Brief Literature Review. Jurnal Manajemen Motivasi, 15(2), 55. https://doi.org/10.29406/jmm.v15i2.1409
Lindawati. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematika Dan Self Efficacy Matematis Siswa Kelas Vii Smp Negri 7 Naringgul Cianjur. Jurnal On Education, 1(3), 281-291
Moleong, Lexy.J. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. NCTM.
Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2008 Tentang Wajib Belajar
Sahertian, P. (2010). Perilaku Kepemimpinan Berorientasi Hubungan Dan Tugas Sebagai Anteseden Komitmen Organisasional, Self-Efficacy Dan Organizational Citizenship Behavior (OCB). Jurnal Manajeman Dan Kewirausahaan, 12(2), 156–169.
Pijarno, R. (2014). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX SMPN 1 Sampang. Jurnal Pendidikan Matematika.(online), http://fkip.ump.ac.id/index.php/artikelilmiah/summarry/8-pendididikan-matematika/382-analisis-kemampuankoneksi-matematis-pada-materi-bangun-ruang-sisi-lengkung-kelas-ix-smpnegeri-1-sampan , diakses tahun 2020.
Prasetyo, T. Imam, Mumun Syaban, & Irmawan. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (Core) Terhadap Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA. Intermathzo, 3(1), 11–17.
Indriani, R., Sritresna, T. (2022). Kemampuan Koneksi Matematis ditinjau dari self efficacy Siswa SMP pada Materi Pola Bilangan. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (1), 121-130
Romli, M. (2016). Profil Koneksi Matematis Siswa Perempuan SMA dengan Kemampuan Matematika Tinggi dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 145
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1).
Sugiman. (2008). Koneksi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Menengah Pertama. Pythagoras, 4(1), 56–66.
UUD Negara RI Tahun 1945 Pasal 31 yaitu Setiap warga negara berhak mendapat Pendidikan
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas
DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v12i2.7177
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.