PERBEDAAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN DATAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA DITINJAU BERDASARKAN PERBEDAAN JENIS KELAMIN

Joko Suratno

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep bangun datar mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Kahirun baik mahasiswa laki-laki maupun mahasiswa perempuan, serta untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan tingkat pemahaman konsep bangun datar jika ditinjau berdasarkan perbedaan jenis kelamin. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif dan dilakukan di Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Khairun pada bulan Februari s.d. Maret 2012. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah sampel sebanyak 149 mahasiswa. Data diperoleh melalui tes pemahaman konsep bangun datar yang terdiri dari 28 butir soal yang terbagi ke dalam 4 level pemahaman konsep dan dianalisis dengan statistik deskriptif, sedangkan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep antara mahasiswa laki-laki dan perempuan dilakukan dengan menggunakan Uji Man-Whitney Dua Sampel Independen dengan menggunakan SPSS. Berdasarkan analisis yang dilakukan, diketahui bahwa pemahaman konsep bangun datar baik mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Khairun secara keseluruhan, pemahaman konsep mahasiswa laki-laki, dan pemahaman konsep mahasiswa perempuan, ketiganya masuk dalam kriteria rendah, serta tidak terdapat perbedaan pemahaman konsep bangun datar antara mahasiswa laki-laki dan mahasiswa perempuan (p-value > 0,05).


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v1i1.78

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Editorial Office:
 
Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia
Website : https://ejournal.unkhair.ac.id
p-ISSN 2089-855X
e-ISSN 2541-2906
Alamat Email Jurnal : deltapi@unkhair.ac.id
 
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
INDEXED BY:

           

View My Stats Delta-Pi