ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN GEOMETRI SISWA SMP KOTA TERNATE BERDASARKAN TAHAPAN VAN HIELE

Siti Zaenab Nursyam

Sari


Penelitian ini bersifat deskriptif, memberikan gambaran tentang pemahaman geometri siswa SMP di kota Ternate. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman geometri siswa SMP di kota Ternate terhadap konsep geometri yang diajarkan dan untuk mengetahui kemampuan pemahaman geometri siswa SMP di kota Ternate sesuai dengan tingkatan pemahaman geometri berdasarkan tahapan dari van Hiele. Bertujuan untuk mengetahui pemahaman geometri siswa SMP di kota Ternate terhadap konsep geometri yang diajarkan dan untuk megetahui kemampuan pemahaman geometri siswa SMP di kota Ternate sesuai dengan tingkatan pemahaman geometri berdasarkan tahapan dari van Hiele. Subyek penelitian adalah siswa SMPN 1, SMPN 2, SMPN 6 dan SMPN 7 Ternate yang berjumlah 97 responden. Data dikumpulkan dari hasil observasi mengenai kemampuan pemahaman geometri berupa soal tes dan hasil wawancara terhadap siswa, analisis data dilakukan pada saat pengumpulan data berlangsung, dan setelah selesai pengumpulan data. Pada saat wawancara, peneliti sudah melakukan analisis terhadap jawaban yang diberikan, bila jawaban yang diberikan setelah dianalisis terasa belum memuaskan, maka peneliti akan melanjutkan pertanyaan lagi, sampai diperoleh data yang dianggap kredibel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 97 siswa yang menjadi subyek penelitian terdapat 48 siswa atau 49,48%  yang memperoleh kualifikasi gagal, yaitu siswa yang memiliki skor dibawah atau sama dengan 60 (≥ 60), . 42 siswa atau 43,29% yang memperoleh kualifikasi kurang, yaitu siswa yang memiliki skor antara 61 sampai 70. Hanya 7 siswa atau 7,44% yang memperoleh kualifikasi cukup, yaitu siswa yang memperoleh skor antara 71 sampai 80. Kemampuan pemahaman berdasarkan tahapan van Hiele adalah pada tahapan visualisasi yaitu tahapan dimana siswa hanya mampu membedakan bentuk-bentuk geometri, mendefenisikan dan dapat menentukan unsur-unsurnya saja, pada tahapan ini seluruh siswa termasuk kedalamnya, yaitu sebanyak 97 atau 100% siswa. Tahapan analisis yaitu tahapan dimana siswa mampu menganalisis komponen bangun-bangun, serta menemukan sifat/aturannya, pada tahapan terdapat 60 atau 61,86% siswa yang termasuk kedalamnya. Tahapan pengurutan terdapat 11 atau 11,34% siswa yang termasuk kedalamnya. Tahapan deduksi, tidak terdapat siswa yang termasuk kedalamnya. Tahapan rigor terdapat 3 atau 3,09% siswa termasuk kedalamnya.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v1i1.79

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Editorial Office:
 
Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia
Website : https://ejournal.unkhair.ac.id
p-ISSN 2089-855X
e-ISSN 2541-2906
Alamat Email Jurnal : deltapi@unkhair.ac.id
 
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
INDEXED BY:

           

View My Stats Delta-Pi

 

Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika © 2024 is licensed under CC BY 4.0

slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor