EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LIMIT FUNGSI ALJABAR
Sari
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang secara umum bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan hasil belajar siswa pada materi limit fungsi aljabar dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) pada materi limit fungsi aljabar. Penelitian eksperimen ini melibatkan siswa Kelas XI IPA-5 (X1) dan IPA-4 (X2) SMA Negeri 4 Kota Ternate sebagai sampel penelitian. Jumlah sampel penelitian adalah 66 siswa yang terdistribusi pada kelas X1 32 siswa dan kelas X2 34 siswa. data yang diperoleh melalui pre-test dan post tes 4 butir soal sebagai instrument penelitian. Analisa data menggunakan presentase, dan tingkat pengusaan siswa didasarkan pada Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran matematika pada sekolah tersebut yaitu 75. Dari hasil analisa pre-test menunjukan nilai rata-rata yang dicapai kelas X1 mencapai 29,43% dan pada kelas X2 mencapai 32,5%. Selanjutnya pada post-test nilai rata-rata yang dipeoleh kelas X1 meningkat menjadi 78,34% sedangkan kelas X2 hanya 60,5%. Dan pencapaian KKM untuk kelas X1 81,25% dan Kelas X2 20,59%. Kemudian dalam pengujian hipotesis menggunakan uji komparatif dimana  nilai thitung = 5,6445 dan dibandingkan dengan Ttabel untuk taraf 0,05, dk = 64 dan diperoleh nilai ttabel = 1,9977. Maka dapat dibandingkan thitung = 5,6445  ttabel = 1,9977. Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas X1 dan  X2. Sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi limit fungsi aljabar.
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v1i2.85
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika © 2024 is licensed under CC BY 4.0