MENINGKATKAN PEMAHAMAN TENTANG BILANGAN DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA EDUKATIF (APE)
Sari
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk Untuk mengetahui penggunaan Alat Peraga Edukatif (APE) dapat meningkatkan pemahaman bilangan pada anak TK. Subyek penelitian ini adalah seluruh anak-anak pada TK Mawar Jati Soakonora Jailolo Kabupaten Halmahera Barat yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan teknik analisis kualitatif, instrumen tes mengacu pada materi pengenalan bilangan dan operasi penjumlahan bilangan bulat dengan menggunakan Alat Peraga Edukatif (APE), Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pemahaman anak TK sebelum menggunakan Alat Peraga Edukatif (APE) ada perubahan, seperti yang terlihat pada lampiran 7 pemahaman anak terhadap bilangan sebelum menggunakan Alat Peraga Edukatif (APE) adalah = 2,15 yang berarti bahwa pemahaman anak terhadap bilangan yang dikategorikan bahwa hampir semua aspek dari pertanyaan dijawab dengan benar, sedangkan tingkat penguasaan siswa = 21,5% atau kualifikasi gagal. Pemahaman siswa terhadap bilangan setelah menggunakan Alat Peraga Edukatif (APE) adalah 7,8 yang berarti bahwa semua aspek dari pertanyaan dijawab dengan lengkap, jelas dan benar, sedangkan tingkat penguasaan anak = 78%  atau termasuk dalam kualifikasi cukup.
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v1i2.87
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika © 2024 is licensed under CC BY 4.0