Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal literasi matematika PISA

Hurriyatul Mawadda, Muhammad Jamaluddin

Sari


Hasil PISA 2018 menyatakan bahwa 71% siswa mengalami kesulitan saat dihadapkan pada kondisi yang mengharuskan untuk menyelesaikan soal dengan menerapkan konsep matematika, sehingga mereka gagal mencapai kemampuan kompetitif minimal matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kesulitan yang dihadapi siswa kelas IX SMP Terpadu Al-Fithroh dalam menyelesaikan soal literasi matematika PISA level 4. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan bedasarkan hasil tes soal literasi matematika PISA level 4. Berdasarkan hasil tes yang dilakukan dipilih 2 orang perwakilan, 1 siswa mewakili kemampuan matematika tinggi dan 1 siswa mewakili kemampuan matematika rendah. Berdasarkan hasil penelitian memperlihatkan bahwa siswa berkemampuan tinggi mampu pada tahap indicator membaca, pemahaman, transformasi, keterampilan proses, namun belum optimal dalam menuliskan solusi atau jawaban akhir. Sebaliknya, siswa berkemampuan rendah mengalami kesulitan dalam transformasi, keterampilan proses, dan menuliskan solusi atau jawaban akhir. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa subjek dengan kemampuan matematika tinggi mengalami kesulitan pada indikator menuliskan solusi atau jawaban akhir, sedangkan subjek dengan kemampuan matematika tinggi mengalami kesulitan pada indikator transformasi, keterampilan proses, dan menuliskan jawaban akhir.

Kata kunci : Analisis; Kesulitan Siswa; Literasi Matematika; PISA

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aditya Sari Harahap, A., Salsabila, Y., Mahfuzah Harahap, M., Aini Wirdia, I., Tarbiyah dan Keguruan, I., & Sumatra Utara, U. (2023). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri. Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(4), 415–426. https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/937

Aminudin, M., Maharani, H., & Dewi, F. (2020). Student Questions in Solving Open-Ended Mathematics Problems. https://doi.org/10.4108/eai.27-8-2020.2303242

Andari, R. M., & Setianingsih, R. (2021). Students’ Mathematical Literacy in Solving PISA Problem Using Indonesian Cultural Context. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 6(1), 52–67. https://doi.org/10.15642/jrpm.2021.6.1.52-67

Andrian, D., Nurhalimah, S., & Loska, F. (2024). Problem Based-Learning Performance in Improving Students ’ Critical Thinking , Motivation , Self-Efficacy , And Students ’ Learning Interest. 13(1), 259–272.

Ayuningrum, L., Kusuma, A. P., & Rahmawati, N. K. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pemahaman Belajar serta Penyelesaian Masalah Ruang Dimensi Tiga. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 135. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.5277

Belajar, P., Mata, S., Matematika, P., Telaumbanua, G. N., Lase, S., & Telaumbanua, Y. N. (2024). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya. 6(2), 1489–1498.

Citra Miranti Almadani, & Rika Wulandari. (2024). Analisis Kesulitan Siswa Kelas 5 Sdn Pucangtelu Dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematis. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(2), 2808–2827. https://doi.org/10.62281/v2i2.189

Durrotunnisa, & Nur, H. R. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Dengan Model Pembelajaran PBL dan PJBL. Jurnal Basicedu, 4(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Febrianti, P., & Nurjanah, N. (2022). Kesulitan Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Pisa 2021. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 13–24. https://doi.org/10.36526/tr.v6i1.1664

Kase, F. M. Y., Nesti, R. D. H., Senid, P. P., Senia, M. E., & Djawa, R. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Berdasarkan Kemampuan Pemahaman Matematis dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi FPB dan KPK. Fraktal: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 29–42. https://doi.org/10.35508/fractal.v2i2.5638

Mareta, D., & Zulkarnaen, R. (2024). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII pada Materi Bentuk Aljabar. Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education, 3(1), 6–11. https://doi.org/10.35706/rjrrme.v3i1.12075

Nengsih, G. A., & Pujiastuti, H. (2021). Analisis Kesulitan dalam Menyelesaikan Soal Materi Operasi Bilangan Cacah Siswa Sekolah Dasar. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 293. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9941

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. In OECD Publishing.

OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education, PISA. OECD. https://www.oecd.org/en/publications/pisa-2022-results-volume-i_53f23881-en.html

Palazzolo, D. J. (2023). Research Methods. Experiencing Citizenship: Concepts and Models for Service-Learning in Political Science, 109–118. https://doi.org/10.4324/9781003444718-9

PISA. (2022). PISA 2022 Results ( Volume I ): The State of Learning and. I(Volume I), 6–11.

Purwanti, A. F., Mutrofin, M., & Alfarisi, R. (2021). Analisis Literasi Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Matematis-Logis Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 8(1), 40. https://doi.org/10.19184/jipsd.v8i1.24775

Purwosari, N., & Jamaluddin, M. (n.d.). Analysis of Students’ Difficulties in Solving Story Problems in Terms of Cognitive Style. https://journal.sanagustin.ac.id/index.php/reimann

Roisatun Nisa’. (2023). Kanal Belajar Online Official: Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa Secara Mandiri. PATIKALA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 773–777. https://doi.org/10.51574/patikala.v2i4.787

Simalango, M. M., Darmawijoyo, & Aisyah, N. (2018). Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal PISA Pada Konten Change And Relationship Level 4, 5, Dan 6 Di SMP N 1 Indralaya. Journal Pendidikan Matematika, 12(1), 43–58.

Susanti, N. (2020). Analisis Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Pisa Konten Change and Relationship Level 1 - 6. Universitas Negeri Mataram, 1–133.

Wijayanti, M. D., & Nalurita, I. V. (2024). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Trigonometri Ditinjau Dari Gaya Belajar. FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 33–41. https://doi.org/10.47662/farabi.v7i1.709




DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v14i1.9884

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Editorial Office:
 
Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia
Website : https://ejournal.unkhair.ac.id
p-ISSN‚ 2089-855X
e-ISSN‚ 2541-2906
Alamat Email Jurnal : deltapi@unkhair.ac.id
 
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
INDEXED BY:

           

View My Stats Delta-Pi

 

Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika © 2024 is licensed under CC BY 4.0