Analisis kesalahan representasi semiotik siswa SMP dalam menyelesaikan masalah segitiga
Sari
Kata kunci: Analisis Kesalahan; Representasi Semiotik; Segitiga; Teori Newman;
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Astuti, S. W., Setyawati, A., & Ayuwanti3, I. (2024). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Berdasarkan Teori Newman. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 77–82.
Bagus, C. (2018). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran Pada Kelas VII-B Mts Assyafi’iyah Gondang. Suska Journal of Mathematics Education, 4(2), 115.
Choiriyaza, A. E., Kadir, K., & Fatma, M. (2021). Pemodelan Matematika: Dapatkah Autograph Meningkatkan Representasi Semiotik Matematik Siswa? JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 264.
Dewi, S. P., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Berdasarkan Prosedur Kesalahan Newman. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 632–642.
Fadilah, R., & Bernard, M. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Kontekstual Materi Kekongruenan Dan Kesebangunan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 817–826.
Fatqurhohman, F., & Susetyo, A. M. (2022). Transisi Representasi Simbolik-Pictorial dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(01), 22–29.
Fatqurhohman, Sa’dijah, C., Sudirman, & Sulandra, I. M. (2020). Pictorial of representation in solving word problems. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(3), 1057–1060.
Labibah, N., Damayani, A.T., & Sary, R. M. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Teori Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Pecahan Kelas V Madrasah Ibtidaiyah. Jounal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 208–216.
Mahmudah, W. (2018). Analysis of Student Errors in Solving Hots Type Math Problems Based on Newman’s Theory. Jurnal UJMC, 4(1), 49–56.
Melisari, Septihani, A., Chronika, A., Permaganti, B., Jumiati, Y., & Fitriani, N. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemahaman Konsep Matematika Sekolah Dasar Pada Materi Bangun Datar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(01), 172–182.
NCTM. (2000). Principles and Standart for School Mathematics. USA: NCTM
Newman, M. A. (1977). An Analysis of Sixth-Grade Pupils’ Error on Written Mathematical Taks. Victorian Institute for Educational Research Bulletin, 39, 31–43.
Nikmah, K., Khabibah, S., & Sa’adah, N. (2022). Analisis Kesalahan Konsep Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Materi Pythagoras Berdasarkan Teori Newman. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 129–136.
Ningsih, W., Rohaeti, E. E., & Maya, R. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Aritmatika Sosial Berdasarkan Tahapan Newman. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(1), 177–184.
Peirce, C.S. (1955). Philosophical Writings of Peirce. Dever Publications.
Rosmiati, F., & Maya, R. (2021). Penggunaan Tahapan Newman untuk Menganalisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1365–1374.
Setia Pribadi, B., & Firmansyah, D. (2019). Analisis Semiotika Pada Puisi “Barangkali Karena Bulan” Karya WS. Rendra. Parole, 2(2), 269–276.
Suryaningrum, C. W., Purwanto, Subanji, & Susanto, H. (2020). Failure of Interpretation: Semiotic Representations in Fractional Problem Solving. 467(Semantik), 99–103.
DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v14i1.9962
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika © 2024 is licensed under CC BY 4.0