Analisis kesalahan representasi semiotik siswa SMP dalam menyelesaikan masalah segitiga

Anggun Pramoditha Ramadani, Christine Wulandari Suryaningrum, Fatqurhohman Fatqurhohman

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan representasi semiotik siswa dalam menyelesaikan masalah segitiga berdasarkan teori Newman. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan tiga siswa kelas VII-C sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis representasi semiotik dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan representasi semiotik terjadi pada setiap tahap Newman. Pada tahap membaca, 1 siswa melakukan kesalahan simbolik, yaitu tidak mampu membaca simbol. Pada tahap memahami, 3 siswa melakukan kesalahan simbolik, yaitu tidak menuliskan yang diketahui dan ditanyakan. Pada tahap transformasi, 1 siswa melakukan kesalahan ikonik, yaitu tidak membuat gambar yang sesuai dan 2 siswa melakukan kesalahan simbolik, yaitu tidak menuliskan konsep penyelesaian. Pada tahap keterampilan proses, 2 siswa kesalahan simbolik, yaitu tidak menuliskan langkah-langkah penyelesaian soal dengan simbol matematika. Pada tahap penulisan jawaban akhir, 2 siswa melakukan kesalahan indeks, yaitu tidak dapat menuliskan kesimpulan dalam bentuk kalimat matematika. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kesalahan simbolik merupakan jenis kesalahan representasi semiotik yang paling banyak muncul pada setiap tahapan teori Newman. Kesalahan ini paling banyak dilakukan oleh siswa kelas VII-C yang menjadi subjek penelitian.

Kata kunci: Analisis Kesalahan; Representasi Semiotik; Segitiga; Teori Newman;

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Astuti, S. W., Setyawati, A., & Ayuwanti3, I. (2024). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Berdasarkan Teori Newman. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 77–82.

Bagus, C. (2018). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran Pada Kelas VII-B Mts Assyafi’iyah Gondang. Suska Journal of Mathematics Education, 4(2), 115.

Choiriyaza, A. E., Kadir, K., & Fatma, M. (2021). Pemodelan Matematika: Dapatkah Autograph Meningkatkan Representasi Semiotik Matematik Siswa? JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 264.

Dewi, S. P., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Berdasarkan Prosedur Kesalahan Newman. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 632–642.

Fadilah, R., & Bernard, M. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Kontekstual Materi Kekongruenan Dan Kesebangunan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 817–826.

Fatqurhohman, F., & Susetyo, A. M. (2022). Transisi Representasi Simbolik-Pictorial dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(01), 22–29.

Fatqurhohman, Sa’dijah, C., Sudirman, & Sulandra, I. M. (2020). Pictorial of representation in solving word problems. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(3), 1057–1060.

Labibah, N., Damayani, A.T., & Sary, R. M. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Teori Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Pecahan Kelas V Madrasah Ibtidaiyah. Jounal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 208–216.

Mahmudah, W. (2018). Analysis of Student Errors in Solving Hots Type Math Problems Based on Newman’s Theory. Jurnal UJMC, 4(1), 49–56.

Melisari, Septihani, A., Chronika, A., Permaganti, B., Jumiati, Y., & Fitriani, N. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemahaman Konsep Matematika Sekolah Dasar Pada Materi Bangun Datar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(01), 172–182.

NCTM. (2000). Principles and Standart for School Mathematics. USA: NCTM

Newman, M. A. (1977). An Analysis of Sixth-Grade Pupils’ Error on Written Mathematical Taks. Victorian Institute for Educational Research Bulletin, 39, 31–43.

Nikmah, K., Khabibah, S., & Sa’adah, N. (2022). Analisis Kesalahan Konsep Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Materi Pythagoras Berdasarkan Teori Newman. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 129–136.

Ningsih, W., Rohaeti, E. E., & Maya, R. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Aritmatika Sosial Berdasarkan Tahapan Newman. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(1), 177–184.

Peirce, C.S. (1955). Philosophical Writings of Peirce. Dever Publications.

Rosmiati, F., & Maya, R. (2021). Penggunaan Tahapan Newman untuk Menganalisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1365–1374.

Setia Pribadi, B., & Firmansyah, D. (2019). Analisis Semiotika Pada Puisi “Barangkali Karena Bulan” Karya WS. Rendra. Parole, 2(2), 269–276.

Suryaningrum, C. W., Purwanto, Subanji, & Susanto, H. (2020). Failure of Interpretation: Semiotic Representations in Fractional Problem Solving. 467(Semantik), 99–103.




DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v14i1.9962

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Editorial Office:
 
Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia
Website : https://ejournal.unkhair.ac.id
p-ISSN‚ 2089-855X
e-ISSN‚ 2541-2906
Alamat Email Jurnal : deltapi@unkhair.ac.id
 
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
INDEXED BY:

           

View My Stats Delta-Pi

 

Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika © 2024 is licensed under CC BY 4.0