PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP 7 KOTA TERNATE MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS
Sari
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ade Adriadi dan Naf’an Tarihoran. 2016. Pembelajaran problem based learning (pbl) dan motivasi siswa terhadap hasil belajar di smp negeri i ciruas –serang.Jurnal kajian keislaman. Vol (3), 15-38.
Achmad, Munib. 2011. Pengantar Ilmu Penddiikan. Semarang: UPT MKU UNNES. 2011.
Abdullah, A.G dan Ridwan, T. 2008. Implementasi PBL dalam proses pembelajaran di BPTP Bandung.Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol (5), 1-10.
Abdul Kadir. 2015. Menyusun dan menganalisis tes hasil belajar. Jurnal Al-Ta’dib.Vol(8), 70-81.
Agus, T. 2017. Analisis kemampuan representasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tanggerang Selatan. Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.
Arends. 2008. Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Asrul,dkk. 2014. Evaluasi Pembelajaran.Medan: Citapustaka Media.
Catharina, M.A. 2016. Analisis representasi siswa SMP dalam memecahkan masalah matematika kontekstual. Skripsi, Universitas Sanat Dharma, Yogyakarta.
Glanthie Jenita dkk. 2016. Upaya peningkatan kemampuan representasi matematis melalui penerapan model problem based learning (PBL) siswa kelas X MIA 1 di SMAN 4 Bekasi. Pendidikan Matematika FMIPA UNJ.
Hake, R.R. 1998. Interactive engagement v.s traditional methods: six- thousand student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics.Vol. 66. No.1.
Heni, K. 2016. Analisis kemampuan representasi matematis ditinjau dari karakteristik cara berfikir peserta didikdalam pembelajaran dengan pendekatan saintik. Skripsi, Universitas Negeri Semarang.
Hudiono, B. 2005. Peran Pembelajaran Diskursus Multi Representasi terhadap Pengembangan Kemampuan Matematik dan Daya Representasi pada Siswa SLTP.Disertasi SPs UPI: Tidak diterbitkan.
Izwita.Dkk. 2017. Analisis peningkatan kemampuan representasi matematis siswa SMA ditinjau dari perbedaan gendre. Jurnal Didaktik Matematika, Vol (4), 116-1117.
Kartini. 2009. Peranan Representasi Dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.ISBN : 978-979-16353-3-2.
Kuntjojo. 2009. Metode Penelitian. Kediri: Universitas Nusantara PGRI.Lungan, R.2006. Aplikasi Statistika dan Hitung Peluang. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.
Lucia D. Maharani. 2016. Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi suhu dan kalor. Skripsi, Universitas Lampung, Bandar Lampung.
Margono.1997. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nurjanah. 2015. Analisis butir soal pilihan ganda dari aspek kebahasaan. Faktor jurnal ilmu kependidikan.Vol (2), 69-78.
Nurul Fitri dkk. 2017. Peningkatan kemampuan representasi matematis melalui penerapan model problem based learning.Jurnal Didaktik Matematika.Vol (4), 59-67.
Risca, D.P. 2017. Analisi kemampuan representasi matematis peserta didik dalam menyelesaikan masalah barisan dan deret aritmetika kelas XI SMA Negeri 1 Wirosari Grobongan. Skripsi, Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang.
Rustaman, N. 2001.Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Inperial Bakti Utama.
Sabirin. 2014. Representasi dalam pembelajaran matematika. JPM IAIN Antasari.Vol (01), 33-44.
Sugiono. 2007. Statistik Dalam Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sulastri dkk. 2017. Kemampuan representasi matematika siswa SMP melalui pendekatan pendidikan matematika realistik. Jurnal Tadris Matematika. Vol (10), 51-69.
Thoha, Habib.2014.Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa TKJ pada Pelajaran Jaringan Dasar di SMK.Jurnal JJPTE,Vol (3), No 4, 3-9.
Yunin Nurul N. 2014. Peningkatan model PBL untuk meningkatkan ketrampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.Jurnal pendidikan vokas.i Vol (4), 125-143.
Yusup Febrianawati. 2018. Uji validitas dan reabilitas instrumen penelitian kuantitatif.Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol (7), 17-23.
Siti Ramzih. 2016. Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa kelas X SMAN 1 gedung medeng. Jurnal pendidikan matematika STIKIP Garut.Vol (5), 138-148.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT.Rineka Cipta
DOI: https://doi.org/10.33387/j.edu.v19i2.3827
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
EDITORIAL OFFICE:
Indexed By:
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
EDUKASI is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.