KEMAMPUAN MULTIPEL REPRESENTASI MATEMATIS MENGGUNAKAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA MATERI PECAHAN
Sari
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Bruner dkk. (1999). Cross National Comparison of Representation Competence. Journal for Research in Mathematics Education.
Dahar, R.W. (2010). Teori-teori Belajar. Jakarta: Depdikbud. Edisi Revisi.
D’Augustine, C dan Smith, Jr. C.W. 2001. Teaching Elementary School Mathematics. New York: Harper Collins.
Kurikulum. (2013). Materi Pelatihan Terintegrasi Matematika Realistik. Jakarta: Kemendikbud.
Dworetzky, P. (2001). Introduction to Child Development. New York West: Publishing Company.
Eggen, P.D.& Kauchak, D.P. (2006). Strategies for Teachers, Teaching Content and Thinking Skill. Boston: Allyn & Bacon.
Gravemeijer. (1994). Developing Realistic Mathematics Education. Freudenthal Institute. Utrecht.
Hadi, S. (2005). Pendidikan Matematika Realistik dan Implementasinya. Banjarmasin: Tulip.
Hudojo, H. (2005). Pembelajaran Matematika Menurut Pandangan Konstruktivistik. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika FMIPA UM. Malang. 4 April.
Jasmaniah. (2010). Pembelajaran Penjumlahan Pecahan melalui Open Ended Problem Dengan Pendekatan Realistik di Kelas V SD Negeri percobaan Malang. Tesis. UM. Malang. Tidak di terbitkan.
NCTM. (2004). The Roles of Representations in School Mathematics. Reston Virginia.
Orton. (1994). Learning Mathematics (Issues, Theory and Classroom Practice). Cassell.
Sa’Dijah, (2013). Hubungan Antara Penguasaan Konsep Pecahan dan Kesamaan Pecahan dengan Penguasaan Penjumlahan Pecahan Siswa Kelas V dan VI SD N di Kec. Lamongan, Laporan Hibah Penelitian UM Malang.
Suharta. (2011). Pembelajaran Pecahan dalam Matematika Realistik. Makalah Seminar Nasional. FMIPA Unesa Surabaya. 24 Februari.
Suparno, P. (1997). Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.
Sutawidjaja, A. (2012). Konstruktivisme Konsep dan Implikasinya pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika dan Pembelajarannya VIII (Edisi Khusus). Juli 2012. Malang: Universitas Negeri Malang.
Umar, W. (2011). Peningkatan Pemahaman Konsep Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Berpenyebut Berbeda melalui PMR pada Siswa Kelas IV SD Mononutu 1 Kota Ternate. Makalah disajikan pada Konferensi VIII Pendidikan Matematika di FPMIPA Unima Manado, 20 Juli.
Wiriaatmadja, R. (2007). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Remaja Rosdakarya.
DOI: https://doi.org/10.33387/j.edu.v20i1.4436
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
EDITORIAL OFFICE:
Indexed By:
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
EDUKASI is licensed under a‚ Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.