The Role of Sosial Media in Enhancing Students’ Speaking Competence of Grade X of SMAS Kristen 2 Tomohon

Christovel Frederik Brusli Kahuweka, Yoan Benedheta, Saenab Saenab

Sari


Di era digital saat ini, hampir setiap manusia di dunia memiliki akun media sosial di berbagai platform. Dan tidak mengherankan jika Media Sosial telah digunakan untuk mempelajari hal-hal yang baru. Artikel ini ingin mengetahui sejauh mana Media Sosial merambah ke dunia pendidikan. Bahasa Inggris sebagai mata pelajaran di sekolah juga telah bersentuhan dengan Media Sosial. Apakah Media Sosial telah secara efisien terbukti efektif dalam mempelajari bahasa Inggris? Apakah Media Sosial sudah cukup ampuh digunakan untuk kelas Berbicara? Artikel ini mencoba menerapkan pendekatan terstruktur dalam melihat bagaimana media sosial berperan meningkatkan kompetensi berbicara siswa. Akan ada penjabaran yang komprehensif tentang bagaimana Media Sosial memberikan peluang dan manfaat bagi siswa yang dengan cara khusus dapat meningkatkan keterampilan Berbicara mereka. Artikel ini juga mencoba berfokus pada platform Media Sosial tertentu, yaitu: Facebook, Whatsapp, Youtube, Tiktok, dan Instagram. Penelitian ini diikuti oleh 80 – 90 siswa kelas X SMAS Kristen 2 Tomohon. Artikel ini menerapkan serangkaian penyelidikan untuk menemukan bukti yang mendukung kesimpulan dan rekomendasi yang kuat. Berdasarkan bukti faktual yang ada disimpulkan bahwa Media Sosial benar-benar berperan besar dalam membantu siswa kelas X SMAS Kristen 2 Tomohon meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris mereka.

Kata Kunci


Media Sosial; Keterampilan Berbicara; Literasi digital

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alalwan (2022). The impact of social media on consumer behavior: A review and research agenda.

Al-Shehri, S. (2011). Context in our pockets: Mobile phones and social networking as tools of contextualizing language learning. In Proceedings of the 10th World Conference on Mobile and Contextual Learning (mLearn 2011) (pp. 278-286).

Barton et al. (2021). Social Media Use and Well-Being: A Meta-Analysis of Longitudinal Studies.

Saeed et al. (2021). The Impact of Social Media on International Business: A Review of the Literature.

Crystal (2008). The Impact of Social Media on Language Change: A Linguistic Perspective.

https://empowerweb.org/assets/uploads/tools-resources/461/5._guidance_for_pre-_and_post-test_design.pdf

Kabilan, M. K., Ahmad, N., & Abidin, M. J. Z. (2010). Facebook: An online environment for learning of English in institutions of higher education? The Internet and Higher Education, 13(4), 179-187.

Kamaruddin, A., Jabu, B., & Muhayyang, M. (2020). Using Social Media to Improve Students’ Speaking Skill. Journal of Technology and Language Education, 2(1), 1-9.

Lamy, M. N., & Zourou, K. (2013). Social networking for language education. Springer.

Lee & Markey, (2014). A Social Identity Model of Pro-Environmental Action (SIMPEA).

Namaziandost, E., Nasri, M., & Akbari, S. (2019). The Impact of Social Media on EFL Learners’ Speaking Skill: A Survey Study Involving EFL Teachers and Students. Journal of Applied Linguistics and Language Research, 6(4), 86-103.

Nurhayati, N., & Sariyani, S. (2020). The Effect of Tiktok to Develop Students Speaking Skill: A Quasi Experimental Study at the Eighth Grade of SMPN 1 Kota Serang in Academic Year 2019/2020. Widya Eksakta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (WEJ), 3(2), 80-88. https://wej.unwir.ac.id/index.php/wej/article/download/147/80

Raimo Streefkerk (2019) Qualitative vs. Quantitative Research | Differences, Examples & Methods (scribbr.com) https://www.scribbr.com/methodology/qualitative-quantitative-research/

Social Media in Speaking Skills | Encyclopedia MDPI. (2021). https://encyclopedia.pub/entry/13342

Turkle (2015). Reclaiming Conversation: The Power of Talk in the Digital Age. https://www.theguardian.com/science/2015/oct/18/sherry-turkle-not-anti-technology-pro-conversation

Wang, S., Fang, W., Chang, Y., & Liu, C. (2014). Development of a blog-based well-structured learning environment to facilitate high school students’ French speaking. Journal of Educational Technology & Society, 17(4), 263-277.

Warschauer, M., & Healey, D. (1998). Computers and language learning: An overview. Language teaching, 31(2), 57-71




DOI: https://doi.org/10.33387/j.edu.v21i2.6522

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



EDITORIAL OFFICE:

Nama Jurnal:EDUKASI
Penerbit:FKIP Universitas Khairun
p-ISSN:1693-4164
e-ISSN:2715-8551
Alamat:Jl. Bandara Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun Kelurahan Akehuda Kecamatan Kota Ternate Utara, 97728
email:edukasifkip2019@gmail.com
URL homepage:https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/edu/
DOI:http://doi.org/10.33387/Edu
Kontak Person (WhatsApp):+62 813-4031-4232

 


Indexed By:

       

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Lihat Statistik Pengunjung

Creative Commons License
EDUKASI is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.