Nasib Vegetasi Mangrove di Kao Teluk Halmahera Utara Saat ini

Abdulrasyid Tolangara, Said Hasan, Hasna Ahmad, Mahyono Hasanudin

Sari


Ekosistem hutan mangrove merupakan perpaduan antara dua habitat yaitu terrestrial dan akuatik. Perpaduan ini menjadikan ekosistem hutan mangrove memiliki karakteristik khas, baik ditinjau dari segi fisiografi maupun keragaman biota yang terintegrasi dalam sistem ekologi mangrove. Menyangkut kerusakan hutan mangrove di Kao Teluk sekitar daerah Akesahu yang saat ini mengalami kerusakan yang cukup parah akibat dari aktifitas masyarakat yang selalu memnafaatkan potensi dari hutan mangrove setempat untuk dijadikan bahan kayu bakar maupun dijual serta digunakan sebagai bahan bangunan. Tujuan penelitian adalah untuk mengungkap status dari jenis-jenis mangrove yang ada di Kao Teluk  sekitar daerah Akesahu. Metode yang digunakan adalah metode line transek ditarik tegak lurus dari garis pantai memotong vegetasi menuju ke arah darat dengan lebar belt transek 20 m. Parameter vegetasi yang diukur meliputi: densitas, frekuensi dan dominasi serta penentuan Indeks nilai penting (INP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa mangrove jenis R. apiculata, R. mucronata, X. moluccensis, X granatum dan B. gymnorrhiza, yang dahulu banyak ditemui, namun sekarang populasinya menjadi semakin berkurang. Hal ini berarti jenis mangrove tersebut telah mengalami kerusakan yang cukup besar, sehingga dikhawatirkan jenis-jenis tersebut akan terancam beberapa tahun mendatang, maka pelu disegerakan upaya rehabilitasi maupun reboisasi secara cepat dan tepat guna penyelamatan plasma nutfah dimasa mendatang di daerah Akesahu tersebut.

Kata Kunci


vegetasi mangrove; Kao Teluk; Halmahera Utara

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bengen, 2001. Pedoman Tekhnik dan Pengelolaan Ekosistem Mangrove. PKSPL-IPB. Bogor.

Bengen, 2003. Pengenalan dan Pengelolaan Ekosistem Mangrove. PKSPL-IPB. Bogor.

Dahuri. 2004. Pengelolaan Sumberdaya Wilayah Pesisir dan Lautan Secara Terpadu. PT. Pradnya Paramitha, Jakarta

Dinas Kehutanan Provinsi Maluku Utara, 2021. Kajian Potensi Biofisikdan Kimia Hutan Mangrove Di Desa Guraping Maluku Utara. Dinas Kehutanan Propinsi Maluku Utara dan BPPK Papua-Maluku. Ternate.

IUCN. 2007. Status jenis tumbuhan mangrove di Indonesia.

Supriharyono, 2002. Pelestarian dan Pengelolaan Sumberdaya Alam Di Wilayah Pesisir Tropis. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Tolangara, 2012. Hand Out Ekologi tumbuhan. Program Studi Pendidikan Biologi. Universitas Khairun Ternate.

Tolangara, 2019. Ekologi tumbuhan. Edisi Revisi. Program Studi Pendidikan Biologi. Universitas Khairun Ternate.

Tolangara, 2022. Konservasi dan Restorasi Ekosistem Mangrove Berkelanjutan. Pidato Pengukuhan Guru Besar. Bidang Ilmu Botani Tumbuhan Tinggi, 22 Desember 2022.Universitas Khairun.

Wihermanto. 2004. Dispersi Asosiasi dan Status Populasi Tumbuhan Terancam Punah di Ona Submontana Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.




DOI: https://doi.org/10.33387/j.edu.v21i3.6944

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



EDITORIAL OFFICE:

Nama Jurnal:EDUKASI
Penerbit:FKIP Universitas Khairun
p-ISSN:1693-4164
e-ISSN:2715-8551
Alamat:Jl. Bandara Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun Kelurahan Akehuda Kecamatan Kota Ternate Utara, 97728
email:edukasifkip2019@gmail.com
URL homepage:https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/edu/
DOI:http://doi.org/10.33387/Edu
Kontak Person (WhatsApp):+62 813-4031-4232

 


Indexed By:

       

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Lihat Statistik Pengunjung

Creative Commons License
EDUKASI is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.