Penerapan Model Case Based Learning Dalam Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Negeri 2 Kota Ternate Pada Materi Bangun Datar

Purwati Purwati, Karman La Nani

Sari


Penelitian mix-methood ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa kelas VII yang memperoleh Case Based Learning dan pembelajaran konvensional pada siswa SMP Negeri 2 Kota Ternate dalam menyelesaikan soal pada materi bangun datar. Pengumpulan data kemampuan koneksi matematis siswa menggunakan teknik observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen  tes yang digunakan adalah 3 butir soal tentang kemampuan koneksi matematis pada materi bangun ruang sisi datar yang telah divalidasi. Data kemampuan koneksi matematis siswa dianalisis secara kualitatif dengan cara mereduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A dan B,  SMP  Negeri 2 Kota Ternate sebanyak 48 siswa, kemudian dipilih 6 siswa sebagai perwakilan subjek berdasarkan gaya belajar untuk diwawancarai sebagai bentuk triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sesudah pembelajaran terdapat 6 siswa (25%) memiliki kemampuan koneksi matematis kategori sangat tinggi, 12 siswa (50%) kategori tinggi, 6 siswa (25%) kategori sedang. Sementara dengan pembelajaran konvensional diperoleh sebanyak 2 siswa (8,33%) kategori sangat tinggi, sebanyak 18 siswa (75%) kategori tinggi, dan 4 siswa (16,67%) kategori sedang; (2) Pencapaian dan peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh Case Based Learning lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional baik ditinjau dari gaya belajar maupun secara keseluruhan; (3) Pencapaian kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh Case Based Learning dengan gaya belajar kinestetik dan keseluruhan lebih tinggi daripada yang memperoleh pembelajaran konvensional, serta dengan gaya belajar visual dan auditori adalah sama; (4) Pencapaian dan peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa antara yang memperoleh Case Based Learning tidak berpengaruh  terhadap peningkatan. Penerapan Case Based Learning tidak memberikan pencapaian kemampuan koneksi matematis siswa yang lebih baik, dibanding pembelajaran konvensional.

Kata Kunci


Koneksi matematis; kemandirian belajar; case based learning; Gaya belajar siswa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asmar, A., & Delyana, H. (2020). Hubungan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Penggunaan Software Geogebra. AKSIOMA, 9(2), 221–230. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2758

Erman Suherman.dkk. (2003). Strategi Belajar Matematika Kontemporer.Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia

Fauzan Alan, U., & Aldila A.E. (2017). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition Dan Problem Based Learning, Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 11, No. 1. 68-77.

Febriyanti, F., & Imami, A. I. (2021). Analisis Self-Regulated Learning dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.25139/smj.v9i1.3300

Kemendikbud 2014 Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2014 (Jakarta: Kemendikbud)

Kesumawati, N. (2012). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 6, No. 2. 30-44.

Rizqia, R., Senjayawati, E.,& Kadarisma, G. (2022). Analisis Pengaruh Self Regulated Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Pada Materi Spldv. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(3). https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i3.741-750

Rosmawati, R. R., & Sritresna, T. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Self Confidence Siswa pada Materi Aljabar dengan Menggunakan Pembelajaran Daring. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 275-290.

Safitri, P. T., & Purbaningrum, K. A. (2020). Pengembangan Buku ajar Berbasis Kasus (Case Based) Pada Mata Kuliah Statistika Pendidikan. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Vol. 13, No. 2. 256-266

Sukmawati, S., & Amelia, R. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Materi Segiempat Berdasarkan Teori Nolting. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(5). https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i5.423-432

Syarafina, D. N., Dewi, E. R., & Amiyani, D. R. (2017). Penerapan Case Based Learning (CBL) sebagai Pembelajaran Matematika yang Inovatif. Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika. 243-250

Yuni, E., Dwi, W. ;, Sudjimat, A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global . Prosiding seminar Pendidikan Matematika, Universitas Kanjuruhan Malang.




DOI: https://doi.org/10.33387/j.edu.v21i3.7246

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



EDITORIAL OFFICE:

Nama Jurnal:EDUKASI
Penerbit:FKIP Universitas Khairun
p-ISSN:1693-4164
e-ISSN:2715-8551
Alamat:Jl. Bandara Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun Kelurahan Akehuda Kecamatan Kota Ternate Utara, 97728
email:edukasifkip2019@gmail.com
URL homepage:https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/edu/
DOI:http://doi.org/10.33387/Edu
Kontak Person (WhatsApp):+62 813-4031-4232

 


Indexed By:

       

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Lihat Statistik Pengunjung

Creative Commons License
EDUKASI is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.