PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP BAHASA POLITISI PADA BALIHO KAMPANYE DI KOTA TERNATE
Sari
digunakan politisi pada baliho kampanye di Kota Ternate. Metode deskriptif kualitatif
digunakan melalui wawancara dengan mahasiswa Universitas Khairun Ternate. Data
dianalisis menggunakan teori yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara
umum bahasa yang digunakan pada baliho kampanye di Kota Ternate dinilai cukup efektif
dalam menyampaikan pesan politik karena mudah dipahami. Namun beberapa baliho
masih belum maksimal. Penggunaan dialek lokal memperkuat identitas budaya namun
harus mempertimbangkan pemahaman. Bahasa pada baliho mencerminkan karakter
politisi melalui slogan dan pesan. Bahasa yang efektif mempengaruhi persepsi kejujuran,
komitmen dan visi. Kesimpulannya, bahasa yang tepat sangat penting dalam strategi
komunikasi politik melalui baliho untuk memahami kandidat dan membangun narasi
politik yang kuat.
Kata kunci: bahasa politik, persepsi mahasiswa, komunikasi politik
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Apriwulan, H. F., Romania, T., & Restiana, M. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa
pada Baliho Makanan (Kajian Morfologi). Lingua Rima: Jurnal Pendidikan
Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(1), 65-70.
Dewi, G. P. S. A. (2021). Bahasa Propaganda Baliho Partai Politik Nasionalis Pemilu
: Analisis Semiotika Sosial. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran
(KIBASP), 4(2), 212-228.
Sulastri, S., & Ronidin, R. (2014). Fenomena Bahasa Baliho Sebagai Identitas Diri
Tokoh Cerminan Karakter Budaya: Kajian Semiotika. Jurnal
Sosioteknologi, 13(1), 47-59.
Maghfiroh, A., Rizky, R., Pramudita, D. A., & Faiz, M. N. (2023). Analisis Kesalahan
Bahasa Pada Baliho Anies Baswedan 2024 “Ayo Tebarkanlah Senyum
Manies. Sinesis: Jurnal Bahasa, 1(2), 127-134.
Wahdaniah, W., Jamilah, J., Surbakti, E. B., & Isa, I. (2019). Pengaruh Penggunaan
Bahasa dalam Spanduk Caleg Terhadap Minat Pemilih pada Pemilihan Legislatif
Tahun 2019 di Kota Lhokseumawe. In Prosiding Seminar Nasional Politeknik
Negeri Lhokseumawe (Vol. 3, No. 1).
Gunawan, H. (2019). Deskripsi Penggunaan Bahasa dalam Iklan Politik pada PILEG
di Kabupaten Sumbawa. JURNAL PENDIDIKAN IPS, 9(2), 123-130.
Ermawati, E., & Nusarini, N. (2014). PemaKaian variasi baHasa dalam sPandUK
KamPanye PemilU taHUn 2014 di KabUPaten bantUl. Caraka: Jurnal Ilmu
Kebahasaan, Kesastraan, dan Pembelajarannya, 1(1), 57-65.
Wiratno, T., & Santosa, R. (2014). Bahasa, fungsi bahasa, dan konteks sosial. Modul
Pengantar Linguistik Umum, 1-19.
Halliday, M.A.K. (1994). Introduction to Functional Grammar, 2nd Ed. London:
Edward Arnold.
Rahmah, D. (2019). Fungsi Bahasa Indonesia dan Fungsi Teks dalam Kehidupan
Sehari-hari. Center for Open Science. Doi https://doi. org/10.31227/osf.
io/6nbz7.
Kuntarto, E., Noviyanti, S., Yennanda, A., Prasetyo, F., Agisti, R. A., & Kurnia, W.
(2014). Peran Dan Fungsi Bahasa.
Purwanti, C. (2020). Peran Bahasa dalam Komunikasi Politik. Jurnal Visi
Komunikasi/Volume, 19(02), 192-204.
Sulastri, S., & Ronidin, R. (2014). Fenomena Bahasa Baliho Sebagai Identitas Diri
Tokoh Cerminan Karakter Budaya: Kajian Semiotika. Jurnal
Sosioteknologi, 13(1), 47-59.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Dipublikasikan oleh:
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
FKIP Universitas Khairun
Jalan Bandara Sultan Babullah
Kota Ternate
email: estetika@gmail.comÂ
Â
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.