ANALISIS FAKTOR KECEMASAN BERBICARA MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN

Rasti Yoioga, Sahrul Rustam

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis cara untuk mengatasi kecemasan berbicara
mahasiswa dalam pembelajaran. Terkadang kecemasan hadir sebelum atau pada saat
pembicaraan sedang berlangsung sehingga menjadikan situasi tersebut menjadi yang
mengancam atau memunculkan kekhawatiran dan ketakutan. Bahkan, keringat dingin
menjadi keluar, kaki dan tangan gemetar, serta dapat membuat lupa apa yang ingin kita
sampaikan. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk menganalisis faktor kecemasan
berbicara mahasiswa dalam pembelajaran. Metode yang digunakan adalah deskriptif
kualitatif. Adapun hasil dan pembahasan adalah mahasiswa pada dasarnya memiliki
tingkat percaya diri yang baik, permasalahan yang sering menurunkan kepercayaan diri
serta kurangnya persiapan, rasa takut, dan tidak menguasai topik yang akan di sampaikan.
Upaya yang dilakukan yaitu bersikap tenang atau rileks sebelum berbicara di depan
umum, mempersiapkan materi yang ingin disampaikan, berlatih berbicara, berbicara
dengan gaya sendiri, selalu berpikir positif.
Kata kunci: kecemasan, berbicara mahasiswa dalam pembelajaran

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alawiyah, D., Nurasmi, N., Asmila, N., & Fatasyah, R. (2022). Upaya Meningkatkan

Kepercayaan Diri Terhadap Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada

Mahasiswa. RETORIKA: Jurnal Kajian Komunikasi dan Penyiaran

Islam, 4(2), 104-113.

Amna, Z. (2021). Pengaruh Relaksasi Otot terhadap Kecemasan Berbicara di Depan

Umum pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi Unsiyah, 4(2).

Bukhori, B. (2016). Kecemasan berbicara di depan umum ditinjau dari kepercayaan

diri dan keaktifan dalam organisasi kemahasiswaan. Jurnal Komunikasi

Islam, 6(1), 158-186.

Claudia, N., Anshori, M. A., & Ulpa, E. P. (2022). Hubungan Antara Komunikasi

Dalam Keluarga Dan CitraTubuh Dengan Kecemasan Berbicara Di Depan

Umum Pada Mahasiswa Tahun Pertama. ANFUSINA: Journal of

Psychology, 5(2), 229-240.

Fatmah, N., Anward, H. H., & Mayangsari, M. D. (2021). Efikasi Diri dan Kepercayaan

Diri Mahasiswa PGSD Terkait Kecemasan Berbicara di Depan

Umum. Psikodinamika: Jurnal Literasi Psikologi, 1(1), 31-40.

Limbong, S. R., Astuti, W., Iramadhani, D., Junita, N., & Muna, Z. (2024). Hubungan

Kepercayaan Diri Dengan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada

Mahasiswa Yang Tergabung Dalam Paguyuban Di Universitas

Malikussaleh. INSIGHT: Jurnal Penelitian Psikologi, 1(4).

Nurhasanah, D., Mukhyi, T. F., Wirda, R., Nadhira, M., Tsabitah, G., Salsabila, A., &

Amna, Z. (2023). Tingkat Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada

Mahasiswa. Syiah Kuala Psychology Journal, 1(2), 34-44.

Palupi, R. E. A., Purwanto, B., & Sutriyono, S. (2022). Analisis Kecemasan pada

Proses Keterampilan Berbicara Peserta Didik Tingkat I pada Mata Kuliah

Bahasa Inggris. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 10(2), 138-

Utami, A. B., & Ramadhani, H. S. (2022). Kecemasan berbicara di depan umum pada

mahasiswa pasca pandemi: bagaimana peran body image?.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

FKIP Universitas Khairun

Jalan Bandara Sultan Babullah

Kota Ternate

email: estetika@gmail.com 

 

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.