Pembelajaran IPS Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal pada Siswa SMK Farmasi Cendikia Farma Husada
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan proses pembelajaran IPS
dengan berbasis pada nilai-nilai kearifan lokal. Kegiatan penelitian dilaksanakan
di SMK Farmasi Cendikia Farma Husada pada tahun ajaran 2015-2016. Subjek
penelitian adalah seluruh siswa-siswi kelas X.A SMK Farmasi Cendikia sebanyak
46 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPS berbasis nilai-nilai
kearifan lokal mampu memberikan alternatif proses pembelajaran yang menarik,
menyenangkan, dan sekaligus menantang bagi siswa. Pembelajaran IPS dengan
berpijak pada tema-tema kearifan lokal sangat membantu dalam proses
pembelajaran di sekolah. Melalui proses pembelajaran IPS berbasis nilai-nilai
kearifan lokal inilah, siswa diharapkan mampu mengembangkan ide, gagasan,
kreatifitas dalam berfikir serta beragumentasi ilmiah, melalui proses
pembelajaran yang mampu menempatkan siswa sebagai pelaku pembelajaran.
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.33387/jeh.v3i1.841
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.