PERANAN GURU PPKn DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA SMAN 1 KOTA TERNATE
Sari
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1). Peran guru PPKn dalam membentuk karakter siswa SMAN I Kota Ternate, 2) Kendala yang dihadapi guru PPKn dalam membentuk karakter siswa SMAN I Kota Ternate. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data dan informasi terkait dengan penelitian yang dilakukan. Penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif dengan tujuan untuk menggambarkan suatu proses yang terjadi di lapangan. Sedangkan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan Model Miles and Huberman, yang terdiri dari: reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan verifikasi (conclusion drawing). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PKn berbasis karakter di SMA N 1 Kota Ternate perencanaan pembelajaran baik, hanya guru masih sedikit kesulitan dalam menetapkan nilai-nilai karakter dan pengembangan bahan ajar tetapi kondisi seperti ini masih bisa diatasi. Pelaksanaan pembelajaran berbasis karakter sudah sesuai dengan tahap perkembangan kognitif dengan pembelajaran dibagi dalam tiga tahapan, eksplorasi, elaborasi dan Konfirmasi menurut pendapat guru, peserta didik, orang tua peserta didik dan stakeholders bahwa nilai karakter yang sudah membudaya adalah nilai religius dan nilai disiplin.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
A.R. Tilaar. (2008). Manajemen Pendidikan Nasional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Abdul, Latief. (2016). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Pendidikan Karakter Peserta Didik kelas X Di SMK Negeri Paku. Jurnal Pepatuzdu, Vol. 11, No. 1 Mei 2016.
Edward dan Sallis, (2004), Manajemen Kualitas Total Dalam Pendidikan (Total Quality Management in Education). Penerjemah: Kambey Daniel C., Manado: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Manado.
Dedi Supardi dan Fasli Jalal. (2001). Reformasi Pendidikan dalam Konteks Otonomi Daerah, Kerjasama Depdiknas, Bapenas, dan Adicita Karya Nusa.
Depdibud. (1992). Peraturan Pemerintah RI Nomor 38 tahun 1992 Tentang Tenaga Kependidikan. Jakarta: Ditjen Dikdasmen.
Depdikbud. (1996). Pedoman Kerja Pelaksanaan Supervisi.Jakarta Ditjen Dikdasmen.
Fadil Yudia Fauzi, Ismail Arianto, Etin Solihatin. 2003. Jurnal PPKn UNJ Online, Volume 1, Nomor 2, Tahun 2003, ISSN. 2337-5205.
Fajar A Malik. (2005). Holistika Pemikiran Pendidikan. Jakarta: PT. Grafindo Persada.
Sagala, Syaiful. (2010). Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Mulyono, (2009). Manajemen Administrasi Dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Margono, (2011). Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Ngalim Purwanto. (2010). Administrasi Dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sa’ud, Udin Syaefudin dan Abin Syamsuddin Makmun. 2006. Perencanaan Pendidikan Suatu Pendekatan Komprehensif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Siagian, Sondang P. (2002). Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja. Jakarta: Rineka Cipta.
Suderadjat, Hari. (2005). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Bandung: Cipta Cekasa Grafika.
Suharyanto, Hadriyanus dan Agus Heruanto Hadna. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Media Wacana.
Syafaruddin. (2002). Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan, Konsep,Strategi dan Aplikasi. Jakarta: Grasindo
DOI: https://doi.org/10.33387/geocivic.v1i2.1097
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
- P-ISSN: 2301-4334
- E-ISSN: 2722-3698
- Published by: Jurusan Pendidikan IPS, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Khairun, Maluku Utara, Indonesia
- Contact Person: Irham Wibowo, S.H., M.H. Mobile [WA]: +62 899-4141-485
Office Editor: Jalan Bandara Babullah Kampus I FKIP Universitas Khairun, Kelurahan Akehuda, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate 97728
============================================================================================================
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
============================================================================================================