UPAYA GURU PPKN DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN NILAI-NILAI DEMOKRASI PANCASILA PADA PESERTA DIDIK KELAS VII -11 DI SMP NEGERI 2 KOTA TERNATE
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam tentang faktor-faktor apa yang menghambat guru PPKn dalam mengimplementasikan nilai-nilai demokrasi Pancasila. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang meneliti terkait dengan upaya guru PPKn dalam mengimplementasikan nilai-nilai demokrasi Pancasila pada peserta didik kelas VII-11 SMP Negeri 2 Kota Ternate.. Subyek penelitian adalah guru dan peserta didik. Sumber data yang diguankan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Tekhnik pengumpulan data adalah teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitia menujukan bahwa upaya guru PPKn dalam mengimplementasikan nilai-nilai demokrasi Pancasila pada peserta didik kelas VII-11 SMP Negeri 2 Kota Ternate telah terlaksana dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan sikap respon peserta didik terhadap praktek nilai- nilai demokrasi Pancasila. Faktor-faktor penghambat guru PPKn dalam mengimplementasikan nilai-nilai demokrasi Pancasila pada peserta didik kelas VII-11 SMP negeri 2 Kota Ternate bisa diatasi dan pengimplementasian terlaksana dengan baik.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Budiningsih, Asri. (2004). Pembelajaran moral berpijak pada karakteristik siswa dan budayanya. Jakarta :Rineka Cipta
Cahyono. (200) Budi Pekerti dalam Perspektif Pendidikan. Malang. Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Pusat penetaran Guru IPS.
Dobbert and Winkler. 1986. Social Problems. Sydney: Allyn.
Depdiknas 2003. UU No 23 Tahun 2003 tentang Sistem Pendididkan Nasional, Jakarta
Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, 2005, UU. RI. No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Sinar Grafika: Jakarta
Dwi Siswoyo, dkk. 2005. Psikologi Anak-anak. Jakarta: Rajawali.
Darmadi Hamid. (2009) Dasar Konep Pendidikan Moral Bandung: Alfabet
Mohtar Kamisi dan Rustam Hasyim,†Peranan Guru Dalam Membangun Kesadaran Cinta Tanah Air pada Siswa Sekolah dasar (Telaah Teoritik)†dalam Jurnal PEDAGOGIK, FKIP Unkhair 2016.
Margono, S. 1997. Metode Penelitian Pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta.
Nani I. Rajaloa dan Rustam Hasim, “Manajemen Perencanaan Dan Rekrutmen Tenaga Pendidik Oleh Dinas Pendidikan Kota Ternateâ€, Dalam Jurnal Edukasi FKIP Unkair. Vol. 16 No.1 Januari 2018.
Nasir M. 1999. Metode Penelitian, Ghalia Indonesia, Jakarta
Nurul Z, 2007. Metodologi Penelitian Ilmu Sosial dan Pendidikan Teori dan Aplikasi, Bumi Aksara, Jakarta.
Nasution S., 2007. Metode Research, Bumi aksara, Jakarta
Rustam Hasyim, “ Peranan Orang Tua Dalam Pembentukan Moral Siswa di SD Negeri Tabam Kecamatan Kota Ternate Utara, dalam Jurnal PEDAGOGIK, FKIP Unkhair 2016.
_____________, dan MukhtarYusup “Supervisi Pembelajaran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompentensi Guru IPS dI SMP Negeri 2 Kota Ternateâ€, Dalam Jurnal EDUKASI Vol. 15 No.1 Januari 2017
DOI: https://doi.org/10.33387/geocivic.v2i1.1255
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
- P-ISSN: 2301-4334
- E-ISSN: 2722-3698
- Published by: Jurusan Pendidikan IPS, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Khairun, Maluku Utara, Indonesia
- Contact Person: Irham Wibowo, S.H., M.H. Mobile [WA]: +62 899-4141-485
Office Editor: Jalan Bandara Babullah Kampus I FKIP Universitas Khairun, Kelurahan Akehuda, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate 97728
============================================================================================================
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
============================================================================================================