UPAYA GURU PPKN DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN NILAI-NILAI DEMOKRASI PANCASILA PADA PESERTA DIDIK KELAS VII -11 DI SMP NEGERI 2 KOTA TERNATE

Oktosiyanti MT. Abdullah, Natalia Umawaitina

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam tentang faktor-faktor apa yang menghambat guru PPKn dalam mengimplementasikan nilai-nilai demokrasi Pancasila. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode  kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang meneliti terkait dengan upaya guru PPKn dalam mengimplementasikan nilai-nilai demokrasi Pancasila pada peserta didik kelas VII-11 SMP Negeri 2 Kota Ternate.. Subyek penelitian adalah guru dan peserta didik. Sumber data yang diguankan dalam penelitian ini adalah  data primer dan data sekunder. Tekhnik pengumpulan data adalah teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitia menujukan bahwa upaya guru PPKn dalam mengimplementasikan nilai-nilai demokrasi Pancasila pada peserta didik kelas VII-11 SMP Negeri 2 Kota Ternate telah terlaksana dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan sikap respon peserta didik terhadap praktek nilai- nilai demokrasi Pancasila. Faktor-faktor penghambat guru PPKn dalam mengimplementasikan nilai-nilai demokrasi Pancasila pada peserta didik kelas VII-11 SMP negeri 2 Kota Ternate bisa diatasi dan pengimplementasian terlaksana dengan baik.


Kata Kunci


Upaya Guru PKn; Implementasi Nilai; Demokrasi Pancasila; SMP Negeri 2 Kota Ternate

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Budiningsih, Asri. (2004). Pembelajaran moral berpijak pada karakteristik siswa dan budayanya. Jakarta :Rineka Cipta

Cahyono. (200) Budi Pekerti dalam Perspektif Pendidikan. Malang. Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Pusat penetaran Guru IPS.

Dobbert and Winkler. 1986. Social Problems. Sydney: Allyn.

Depdiknas 2003. UU No 23 Tahun 2003 tentang Sistem Pendididkan Nasional, Jakarta

Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, 2005, UU. RI. No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Sinar Grafika: Jakarta

Dwi Siswoyo, dkk. 2005. Psikologi Anak-anak. Jakarta: Rajawali.

Darmadi Hamid. (2009) Dasar Konep Pendidikan Moral Bandung: Alfabet

Mohtar Kamisi dan Rustam Hasyim,†Peranan Guru Dalam Membangun Kesadaran Cinta Tanah Air pada Siswa Sekolah dasar (Telaah Teoritik)†dalam Jurnal PEDAGOGIK, FKIP Unkhair 2016.

Margono, S. 1997. Metode Penelitian Pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta.

Nani I. Rajaloa dan Rustam Hasim, “Manajemen Perencanaan Dan Rekrutmen Tenaga Pendidik Oleh Dinas Pendidikan Kota Ternateâ€, Dalam Jurnal Edukasi FKIP Unkair. Vol. 16 No.1 Januari 2018.

Nasir M. 1999. Metode Penelitian, Ghalia Indonesia, Jakarta

Nurul Z, 2007. Metodologi Penelitian Ilmu Sosial dan Pendidikan Teori dan Aplikasi, Bumi Aksara, Jakarta.

Nasution S., 2007. Metode Research, Bumi aksara, Jakarta

Rustam Hasyim, “ Peranan Orang Tua Dalam Pembentukan Moral Siswa di SD Negeri Tabam Kecamatan Kota Ternate Utara, dalam Jurnal PEDAGOGIK, FKIP Unkhair 2016.

_____________, dan MukhtarYusup “Supervisi Pembelajaran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompentensi Guru IPS dI SMP Negeri 2 Kota Ternateâ€, Dalam Jurnal EDUKASI Vol. 15 No.1 Januari 2017




DOI: https://doi.org/10.33387/geocivic.v2i1.1255

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


============================================================================================================
Jurnal GeoCivic is Indexed By:
        Web AnalyticsJurnal GeoCivic
  • P-ISSN: 2301-4334
  • E-ISSN: 2722-3698
  • Published by: Jurusan Pendidikan IPS, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Khairun, Maluku Utara, Indonesia
  • Contact Person: Irham Wibowo, S.H., M.H. Mobile [WA]: +62 899-4141-485
Office E-mail: alexbowo94@gmail.com
Office Editor: Jalan Bandara Babullah Kampus I FKIP Universitas Khairun, Kelurahan Akehuda, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate 97728

============================================================================================================

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

============================================================================================================

Flag Counter