KEBUTUHAN TENAGA PENGAWAS SMK DI KOTA TERNATE

Yanto Yusuf, Rustam Hasyim

Sari


Penelitian ini mendeskripsikan bagaimana manajemen supervisi pengawas dalam meningkatkan kualitas guru dan siswa pada pelaksanaan pembelajaran di lingkungan Dinas Pendidikan Nasional Kota Ternate. Selain itu juga dilihat dari kinerja pengawas dalam peningkatan mutu pendidikan di lingkungan Dinas Pendidikan Nasional Kota Ternate dan pelaksanaannya dalam mengelola sumber daya pendidikan di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif naturalistik untuk menggambarkan pengawas SMK pada Dinas Kota Ternate secara alami, lengkap, mendalam, dan utuh. Pendekatan kualitatif naturalistik digunakan untuk memperoleh informasi dan penafsiran mendalam mengenai makna manajemen sumberdaya manusia sesuai dengan realitas yang ada di lapangan. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui beberapa teknik, yaitu pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data secara wawancara digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian yang telah disediakan. Informan terdiri dari kepala dinas pendidikan, pengawas, kepala sekolah, guru dan komite sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rekruitmen tenaga pengawas Dinas Pendidikan Kota Ternate belum optimal dalam melihat aspek pemerataan penempatan guru, administrasi, pengelolaan, pengembangan, pengawasan, dan pelayanan teknis untuk menunjang proses pendidikan pada satuan pendidikan. Di samping itu, masih terdapat kesenjangan pengawas mata pelajaran di setiap sekolah. Selain itu masih banyak tenaga pendidik belum maksimal dalam melaksanakan kewajiban sebagai guru yang profesional.

Kata Kunci: Pengawas, tenaga pendidik, dan Dinas Pendidikan Kota Ternate


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aqib, Z., & Rohmanto, E. (2007). Membangun Profesionalisme Guru dan Pengawas Sekolah. In Bandung: Yrama Widya (Vol. 62).

Hasyim, R., & Yusuf, M. (2017). Supervisi Pembelajaran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru IPS di SMPN 2 Kota Ternate. EDUKASI, 15(1), 630–642.

Hayun, S., & Hasyim, R. (2018). MANAJEMEN KOMPETENSI GURU NEGERI OLEH DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN HALMAHERA TIMUR. GeoCivic, 1(1), 14–25.

Imron, A. (2011). Supervisi Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan. In Jakarta: Bumi Aksara.

Maunah, H. B., & others. (2008). Supervisi Pendidikan (Teori dan Praktek) (Vol. 1). STAIN Tulungagung.

Ngalim, P. (2002). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. In Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Rajaloa, N. I., & Hasim, R. (2018). Manajemen Perencanaan dan Rekrutmen Tenaga Pendidik Oleh Dinas Pendidikan Kota Ternate. EDUKASI, 16(1), 11–28.

Sabandi, A. (2013). Supervisi Pendidikan Untuk Pengembangan Profesionalitas Guru Berkelanjutan. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(2), 1–9.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, p. 361. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Yusuf, M., & Hasyim, R. (2016). Peranan Guru dalam Membangun Kesadaran Cinta Tanah Air Pada Siswa Sekolah Dasar (Telaah Teoritik). Pedagogik, 4(1), 8–16




DOI: https://doi.org/10.33387/geocivic.v2i1.1465

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


============================================================================================================
Jurnal Geocivic is Indexed By:
    
  • P ISSN 2301-4334
  • E ISSN. 2722-3698
  • Published by: Jurusan Pendidikan IPS, FKIP Universitas Khairun, Ternate-Indonesia
  • Kontak Person: Dr. Rustam Hasyim, M.Hum., M.Pd. Mobile [WA]: +62 813-5600-4080
Office Email: geocivic@unkhair.ac.id
Office editor: Jalan. Bandara Baabullah Kampus I FKIP Universitas Khairun, Kelurahan Akehuda, Kecamatan Kota Ternate Utara, 97728

============================================================================================================

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.