TINGKAT KESEJAHTERAAN PENGRAJIN GERABAH DI DESA MAREGAM KECAMATAN TIDORE SELATAN

Eva Marthinu, La Pandi Buton

Sari


Kerajinan gerabah (boso) sudah lama ditekuni oleh masyarakat Maregam. Gerabah ditekuni dengan upaya agar bisa menambah pendapatan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup, baik kebutuhan pangan maupun kebutuhan nonpangan dalam jangka pendek, menengah dan jangka panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesejahteraan pengrajin gerabah di Desa Maregam Kecamatan Tidore Selatan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskripsi kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Dua sumber perolehan data yaitu data primer dan data skunder. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan teknik dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data dan skor dari indikator pendapatan (kemiskinan), pendidikan, kesehatan dan gizi, taraf dan pola konsumsi, Perumahan dan lingkungan, kependudukan, Ketenagakerjaan dan indikator sosial lainnya dinyatakan bahwa seluruh pengrajin gerabah di Desa Maregam Kecamatan Tidore Selatan termasuk dalam tingkat kesejahteraan sedang. Sehingga dapat disimpulkan secara umum pengrajin gerabah di Desa Maregam hanya dapat memenuhi kebutuhan pangan dan kebutuahan nonpangan dalam jangka pendek.


Kata Kunci


Tingkat kesejahteraan; pengrajin gerabah; desa maregam

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ali, M. (1982). Penelitian Kependidikan: Prosedur dan Strategi. Penerbit Angkasa, Bandung.

Heywood, A. (2017). Politik Global. In Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kurniawati, T. (2015). Tingkat Kesejahteraan Pengrajin Bambu di Desa Sendari Kecamatan Mlati Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Skripsi. Pendidikan Ekonomi FE UNY.

Rakib, M. (2017). Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Penunjang Daya Tarik Wisata. Jurnal Kepariwisataan, 1(2), 54–69.

Rini, P., & Czafrani, S. (2010). Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal Oleh Pemuda Dalam Rangka Menjawab Tantangan Ekonomi Global. Jurnal UI Untuk Bangsa Seri Sosial Dan Humaniora, 1, 12–24.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, p. 361. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004




DOI: https://doi.org/10.33387/geocivic.v2i1.1466

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


============================================================================================================
Jurnal Geocivic is Indexed By:
    
  • P ISSN 2301-4334
  • E ISSN. 2722-3698
  • Published by: Jurusan Pendidikan IPS, FKIP Universitas Khairun, Ternate-Indonesia
  • Kontak Person: Dr. Rustam Hasyim, M.Hum., M.Pd. Mobile [WA]: +62 813-5600-4080
Office Email: geocivic@unkhair.ac.id
Office editor: Jalan. Bandara Baabullah Kampus I FKIP Universitas Khairun, Kelurahan Akehuda, Kecamatan Kota Ternate Utara, 97728

============================================================================================================

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.