PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN AKTIFITAS SISWA PADA MATERI PEMANFAATAN DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KOTA TERNATE KELAS XI IPS TAHUN AJARAN 2018/2019

Jainudin Hasim

Sari


Penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui bagaimana  penerapan model pembelajara siklus belajar learning cycle untuk meningkatkan pemahaman dan aktifitas siswa pada materi pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup di madrasah aliyah negeri 1 kota ternate kelas XI IPS tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), dengan model Robert Karplus yang dilaksanakan dalam dua siklus Setiap akhir siklus dilakukan penilaian untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan partisipasi siswa dalam pembelajaran geografi dan penguasaan siswa terhadap materi lingkungan hidup dan komponen ekosistem, Tindakan yang diberikan berupa penerapan model learning cycle sebagai upaya memperbaiki pembelajaran geografi dan meningkatkan partisipasi siswa dan guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran learning cycle, berhasil meningkatkan partisipasi belajar siswa dan guru serta penguasaan materi lingkungan hidup dan komponen ekosistem. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya aktivitas siswa dan guru, Siswa memiliki keberanian untuk bertanya, menjawab pertanyaan, berdiskusi dan bekerjasama dengan sesama anggota kelompok. Peningkatan penguasaan materi lingkungan hidup dan komponen ekosistem dapat dilihat dari perolehan nilai siswa sebelum diberikan tindakan, yakni nilai rata-rata 60 pada siklus I. Pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 75 dan siswa yang telah mencapai ketuntasan sebanyak 14 siswa (66,66%). pembelajaran dengan model learning cycle dapat menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan.

Kata Kunci:  Learning Cycle, pemahaman, aktivitas, lingkungan hidup, penelitian tindakan kelas 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto S, 2008. Penilitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Dorlince S, 2008. Pembelajaran Model Siklus Belajar. Jurnal Kewarganegaraan, Vol. 10, No.01, Juni 2008, PP. 62-70

Nana Sudjana. 2010. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Roestiyah. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jurnal Belajar. Vol, 20, No.22. Maret 2007.

Biro Sosial Propinsi Maluku Utara. 2004. Kehidupan masyarakat Maluku utara/ persebaran komunitas adat terpencil. [http://www.malukuutara.go.id,].

Mangandar, 2002. Keterkaitan Sosial Masyarakat di Sekitar Hutan dengan Kebakaran Hutan (Studi kasus di Propinsi DT I Riau). [tesis]. Bogor: Program Pascasarjana IPB.

Nagel , P. Julius F. 2010. Pelestarian hutan dalam hubungannya dengan lingkungan dan potensi ekonomi.

Supardi, 2009. Lingkungan dan Kehidupan. Jurnal Biologi, Vol. 50, No. 32, Juni 2009, PP. 103-107

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA




DOI: https://doi.org/10.33387/geocivic.v2i1.1468

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


============================================================================================================
Jurnal Geocivic is Indexed By:
    
  • P ISSN 2301-4334
  • E ISSN. 2722-3698
  • Published by: Jurusan Pendidikan IPS, FKIP Universitas Khairun, Ternate-Indonesia
  • Kontak Person: Dr. Rustam Hasyim, M.Hum., M.Pd. Mobile [WA]: +62 813-5600-4080
Office Email: geocivic@unkhair.ac.id
Office editor: Jalan. Bandara Baabullah Kampus I FKIP Universitas Khairun, Kelurahan Akehuda, Kecamatan Kota Ternate Utara, 97728

============================================================================================================

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.