PELAKSANAAN RITUAL ADAT KOLOLI KIE (MENGELILINGI GUNUNG) DI KESULTANAN TERNATE

Waode Fia Fangariam, Rustam Hasyim, Nani I Rajaloa

Sari


Abstrak. Kebudayaan adalah sebuah kebiasaan yang sudah terpola terus menurus sehingga menjadi prinsip hidup dalam masyarakat.Dari pola prinsip hidup bermasyarakt itulah melahirkan prinsip-prisip nilai yang disepakati maupun diyakini kebenarannya dalam mengatur kehidupan masyarakat.Tujuan dari penelitian ini untuk: 1)Mengetahui pelaksanaan tradisi ritual Kololi Kie (Mengelilingi Gunung) di Kesultanan Ternate; 2) mengetahui nilai-nilai yang terkandung dalam tradisi ritual Kololi Kie di Kesultanan Ternate; 3) Mengetahui model pelestarian tradisi ritual Kololi Kie  di Kesultanan Ternate.

Jenis penelitian ini adalah penelitian Kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi dengan menggunakan tekhnik pengumpulan data, yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi.Data dianalisis melalui empat tahap dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan selanjutnya menarik kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan ritual adat Kololi Kie (mengelilingi gunung) di Kesultanan Ternate bahwa: 1) Pelaksanaan ritual Kololi Kie akan selalu dilaksanakan setiap tahunya karena ritual adat ini adalah bentuk ungkapan rasa syukur masyarakat adat kesultanan ternate dan juga menghormati lahirnya Sultan Mudaffar Sjah. 2) Nilai-nilai yang terkandung dalam rtitual adat Kololi Kie  adalah nilai tenggang rasa yang sanggat tingi antar sesame terbukti dengan adanya ritual adat ini masyarakat bahu membahu dalam bergotong royong, sikap saling menghormati dan menghargai antar sesama muncul dengan adanya ritual adat ini. 3) Model Pelesatrian Ritual Kololi Kie Yakni: a. Memberikan Pemahaman kepada masyarakat adat kesultanan ternate dengan cara membentuk literasi kebudayaan dikedaton kesultanan ternate.  b. Pihak elit kedaton kesultanan ternate harus bekerja sama dengan pemerintah daerah kota ternate agar tercipta stabilitasnasional,dibidangideologi,politik,ekonomi,sosial budaya, agamamaupun pertahanan dan keamanannasional.

Kata Kunci: Ritual Adat, Kololi Kie


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/geocivic.v3i1.2668

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


============================================================================================================
Jurnal Geocivic is Indexed By:
    
  • P ISSN 2301-4334
  • E ISSN. 2722-3698
  • Published by: Jurusan Pendidikan IPS, FKIP Universitas Khairun, Ternate-Indonesia
  • Kontak Person: Dr. Rustam Hasyim, M.Hum., M.Pd. Mobile [WA]: +62 813-5600-4080
Office Email: geocivic@unkhair.ac.id
Office editor: Jalan. Bandara Baabullah Kampus I FKIP Universitas Khairun, Kelurahan Akehuda, Kecamatan Kota Ternate Utara, 97728

============================================================================================================

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.