ANALISIS PENDAPATAN PETANI RUMPUT LAUT(EUCHEUMA COTTONII) DI PERAIRAN PULAU SANTARI DESA MADOPOLO KECAMATAN OBI UTARA KABUPATEN HALMAHERA SELATAN

Asnita Ode Samili

Sari


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah pendapatan yang diperoleh petani rumput laut (eucheuma cottonii) dan untuk mengetahui jumlah pendapatan yang dihasilkan dari bisnis pertanian rumput laut di Desa Madopolo Kecamatan Obi Utara Kabupaten Halmahera Selatan.Manfaat dari penelitian ini adalah untuk menunjukan sejauh mana pendapatan dari rumput laut tersebut sebagai bahan informasi dan pertimbangan bagi pemerintah untuk pengambilan keputusan dan bidang potensial dan juga sebagai referensi untuk para peneliti yang tertarik untuk penelitian selanjutnya.

               Penelitian ini dilakukan di Perairan Pulau Santari Desa Madopolo.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, sedangkanresponden memilih secara sengaja (20 responden). Data akan dianalisis untukmenemukan tingkat pendapatan, tingkat pendapatan dan analisis kelayakan dalam hal R/C dan BEP.Aktivitas dalam budidaya rumput laut terdiri dari pemilihan lokasi, persiapan benih, penanamanpengaturan jarak, pemeliharaan dan pemanenan.

               Hasil penelitian menunjukkan bahwaBudidaya rumput laut membutuhkan biaya tetap Rp938.000/ musim tanam / hektarterdiri dari biaya penyusutan.Sedangkan biaya variabelnya adalah Rp3.150.000/ tanamanmusim / hektar terdiri dari biaya benih dan biaya tenaga kerja. Bisnis budidaya rumput lautpendapatan adalah Rp10.000.000 / musim tanam / hektar dan memperoleh penghasilan Rp5.912.000 / musim tanam / hektar. Kelayakan budidaya rumput laut dalam halR /C adalah 2,44, yang berarti bisnis ini layak. Kemudian, dalam hal BEP (q) adalah 1.493 Kg dan BEP (Rp) adalah Rp937.686.00 Untuk meningkatkan pendapatan petani, makaHasil panen rumput laut dapat diolah menjadi tepung rumput laut dan diolahproduk seperti dodol, bawang renyah, pudding dan lain-lain.

 

Kata Kunci: Analisis Pendapatan, Rumput Laut, Pulau Santari.

 


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/geocivic.v3i1.2669

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


============================================================================================================
Jurnal Geocivic is Indexed By:
    
  • P ISSN 2301-4334
  • E ISSN. 2722-3698
  • Published by: Jurusan Pendidikan IPS, FKIP Universitas Khairun, Ternate-Indonesia
  • Kontak Person: Dr. Rustam Hasyim, M.Hum., M.Pd. Mobile [WA]: +62 813-5600-4080
Office Email: geocivic@unkhair.ac.id
Office editor: Jalan. Bandara Baabullah Kampus I FKIP Universitas Khairun, Kelurahan Akehuda, Kecamatan Kota Ternate Utara, 97728

============================================================================================================

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.