IMPLEMENTASI NILAI-NILAI SOSIAL UNTUK MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 5 KOTA TERNATE

Syahril Muhammad, Irwan Djumat

Sari


Lembaga pendidikan menjadi basis perawatan nilai-nilai sosial untuk membentuk karakter peserta didik. Penelitian ini difokuskan pada dua tujuan pokok, yaitu (1) mendeskripsikan nilai-nilai sosial untuk membentuk karakter peserta didik di SMP Negeri 5 Kota Ternate? dan (2) mendapatkan gambaran yang jelas tentang upaya para guru mengatasi hambatan dalam penanaman nilai-nilai sosial untuk membentuk karakter peserta didik di SMP Negeri 5 Kota Ternate?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui obseravsi, wawancara mendalam dan mengadakan diskusi (Forum Group Discusion/FGD. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Implemntasi nilai-nilai sosial untuk membentuk karakter peserta didik di SMP Negeri 5 Kota Ternate, sebagaimana yang telah diterapkan di sekolah yaitu peserta didik melakukan Sholat Dhuha dan membaca surah Asmaul Khusna secara bersama pada setiap pagi awal pembelajaran di sekolah. Selain itu, sikap disiplin, tolong menolong, kerjasama dan tanggung jawab dan (2) upaya guru mengatasi hambatan dalam penanaman nilai-nilai sosial untuk membentuk karakter peserta didik SMP Negeri Kota Ternate adalah para guru yaitu : merancang strategi pembelajaran yang mengandung nilai-nilai karakter, menanamkan sikap yang baik secara rutin baik pada saat di dalam kelas maupun diluar kelas, cara bertoleransi dengan sesama teman, tolong menolong, disiplin, bersikap jujur, perilaku tertib, memberikan tugas dan meminta peserta didik untuk mengajarkan tugas sendiri di kelas, memberikan layanan khusus sehingga dapat menimbulkan efek jera serta menyampaikan cerita-cerita rakyat yang mengandung nilai moral dan kejujuran.

Kata Kunci


Implementasi; nilai sosial; karakter; peseta didik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ari Ginanjar, 2007. ESQ (Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spritual). Jakarta: Arga.

Aslan, Mecit. 2021. Handbook Of Moral And Character Education, Edt. Larry P. Nucci and Darcia Narvaez. International Journal of Instruction.Vol.4, No.2, P.211-214

Berkowitz. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Sanata Dharma.

Balitbang Pusat Kurikulum, Kemdikbud. 2017. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Creswell, J. 2015. Penelitian Kualitatif & Desain Riset; Memilih Diantara Lima Pendekatan. Penerjemah Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Covey. 1997. The 7 Habits of Highly Effective People. Jakarta: Bina Rupa Akasara.

Daryanto, d. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Dalmeri. 2019. Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter-Telaah Terhadap Gagasan Thomas Lickona dalam Education for Character. Jakarta: Jurnal Al-Ulum Volume, 14 Nomor 1: 269-288.

Elmubarok, Zaim. 2018. Membumikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.

Hurlock, EB, 2014. Psikologi Perkembangan Anak. Terjemahan oleh Met Meita Sari, Jakarta: Erlangga.

Lickona, Thomas. 2012. Education for Character: Mendidik untuk Membentuk Karakter, terj. Juma Wadu Wamaungu dan Editor Wahyuddin dan Surayani. Jakarta: Bumi Aksara.

Miles, M.B, Huberman, A.M, dan Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

Mulyasa. 2016. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta : Bumi Aksara.

Moleong, J.L. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Soejito. 2017. Soft Skill untuk Pendidik. Jakarta: Baduose Media.

Toha. 2017. Nilai-Nilai Agama dan Budaya yang Melandasi Interaksi Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Zubaedi. 2017. Pendidikan Berbasis Masyarakat, Uapya Menawarkan Solusi Terhadap Berbagai Problem Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zuldan. 2013. Education for Character (Mendidik untuk Membentuk Karakter). Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.33387/geocivic.v4i2.3986

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


============================================================================================================
Jurnal Geocivic is Indexed By:
    
  • P ISSN 2301-4334
  • E ISSN. 2722-3698
  • Published by: Jurusan Pendidikan IPS, FKIP Universitas Khairun, Ternate-Indonesia
  • Kontak Person: Dr. Rustam Hasyim, M.Hum., M.Pd. Mobile [WA]: +62 813-5600-4080
Office Email: geocivic@unkhair.ac.id
Office editor: Jalan. Bandara Baabullah Kampus I FKIP Universitas Khairun, Kelurahan Akehuda, Kecamatan Kota Ternate Utara, 97728

============================================================================================================

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.