EFEKTIVITAS PEMBERDAYAAN DANA DESA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DESA JIKO KECAMATAN MANDIOLI SELATAN

Asnita Ode Samili, Jainudin Hasim, Riad Abdul

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas pemberdayaan dana desa dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa jiko kecamatan mandioli selatan. Penelitian ini menggunakan teori Matland untuk mengetahui efektivitas dana desa, yaitu tepat kebijakan, tepat pelaksanaan, tepat target, tepat lingkungan serta tepat proses. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di  Desa Jiko Kecamatan Mandioli Selatan secara khususnya. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, mengkaji dokumen dan arsip, serta observasi. Validitas  data  menggunakan  triangulasi  sumber.  Teknik  analisis  data menggunakan model analisis interaktif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, efektivitas pemberdayaan dana desa Jiko dinilai tepat. Dari “lima tepat†menurut Matland, diperoleh hasil bahwa; Tepat Kebijkan, dengan adanya kebijakan dana desa masyarakat Jiko telah menerima dan menikmati manfaatnya. Yakni akses masyarakat Desa jiko dalam sehari-hari lebih mudah. Tepat Pelaksanaan, bahwa pemerintah desa Jiko telah melakukan kerjasama yang baik dengan masyarakat, pemerintah kota/kabupaten dan pihak swasta. Tepat Target, bahwa pemberdayaan yang dilakukan telah sesuai dengan target di APBDes. Tepat Lingkungan, koordinasi yang dilakukan pemerintah desa Jiko dengan masyarakat dan pemerintah kota/kabupaten telah baik. Serta di lingkungan eksternal  kebijakan  media  massa  telah  memberikan  infomasi  terkait pembangunan-pembangunan di Desa Jiko. Sedangkan di Tepat Proses, Pemerintah kabupaten/kota, kecamatan hingga desa sudah memahami maksud dan tujuan pemberdayaan Dana Desa. Pemberdayaan Dana Desa ini diterima dan dilaksanakan sesuai dengan tujuan dari pemberdayaan dana desa.

 

Kata Kunci : Efektivitas, Dana Desa, Kesejahteraan


Teks Lengkap:

56-62


DOI: https://doi.org/10.33387/geocivic.v4i2.4118

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


============================================================================================================
Jurnal Geocivic is Indexed By:
    
  • P ISSN 2301-4334
  • E ISSN. 2722-3698
  • Published by: Jurusan Pendidikan IPS, FKIP Universitas Khairun, Ternate-Indonesia
  • Kontak Person: Dr. Rustam Hasyim, M.Hum., M.Pd. Mobile [WA]: +62 813-5600-4080
Office Email: geocivic@unkhair.ac.id
Office editor: Jalan. Bandara Baabullah Kampus I FKIP Universitas Khairun, Kelurahan Akehuda, Kecamatan Kota Ternate Utara, 97728

============================================================================================================

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.