ESTIMASI SUMBERDAYA NIKEL LATERIT DENGAN METODE GEOSTATISTIK ORDINARI KRIGING PADA PT. DHARMA ROSADI INTERNASIONAL KABUPATEN HALMAHERA TENGAH PROVINSI MALUKU UTARA

Rudini Safrudin, Wawan Ak Conoras

Sari


Penelitian  ini difokuskan pada estimasi sumberdaya pada endapan nikel laterit dengan tujuan untuk mengegtahui penyebaran sumberdaya yang  dalam bentuk block model dan juga untuk mengetahui hasil estimasi nikel laterit. Estimasi sumberdaya meperlihatkan bentuk dan juga penyebaran suatu endapan mineral sehingga dapat mepermudah dalam melakukan aktifitas penambangan. Data yang digunakan untuk penilitian ini yaitu data dari hasil eksplorasi. Pada penlitian pendekatan metode yang dipakai untuk estimasi sumberdaya nikel laterit yaitu metode ordinary kriging (OK) dan model blok ukuran 5 m x 5 m tebal blok 2 m. Hasil estimasi sumberdaya nikel laterit dengan  metode ordinari kriging (OK) dengan total volume pada zona limonit sebesar 11,075 dan tonase sebesar 17,720 ton kadar Ni 1,31%, kadar Fe 43,48% sedangakan untuk hasil estimasi zona saprolit dengan total volume 2.650 dan tonase sebesar 3,976 ton kadar Ni 1.58%, 21,04%. Dari hasil estimasi dilakuan perbandingan kedua data bor eksplorasi (data komposit kadar Ni, Fe) untuk melihat nilai dari cross validasi. Dari  hasil cross validasi menunjukan nilai sebesar 0,8218 untuk zonah limonit sedangkan untuk zona saprolit sebesar 0,8078 bahwa hasil estimasi suda cukup akurat atau baik.

Kata Kunci: estimasi sumberdaya, kadar, nikel laterit, tonase, volume


Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Conoras, W.A., Rasai, J. dan Djin, A. 2020. Pemodelan Litologi dan Estimasi Sumberdaya Au Epitrmal Daerah Loloda, Halmahera Barat Dengan Pendekatan Metode Estimasi Inverse Distance Weight. DINTEK. Vol. 13 No. 1: Hal 28-29.

Conoras, W.A. dan Tabaika, W. 2017. Pemodelan Estimasi Sumberdaya Nikel Laterit Site Pulau Pakal PT. ANTAM (PERSERO) TBK UBP NICEL Maluku Utara Mengunakan Metode Inverse Distance Weight dan Ordinary Kriging, Dintek, Volume 12. Nomor 1: Hal 19-28.

Estimasi Sumberdaya Nikel Laterit Dengan Membandingkan Metode Nearest Neighbour Point Dan Inverse Distance Weighting

Sinclair, A.J., dan Blackwell, G.H. 2005. Applied Mineral Inventory Estimation. CambridgeUniversity Press.

Agustinus, Y.W. 2017. Perhitungan volume surface sumber daya batu granit secara teristris di PT Vitrama Properti, desa Air Mesu, Kabupaten Bangka Tengah. Diss. Universitas Bangka Belitung.

Rustam, M., Idrus, A., dan Setijadji, L.D. 2017. Geologi dan Estimasi Sumberdaya dengan Metode Ordinary Kriging pada Endapan Bauksit di Kecamatan Anjongan dan Toho, Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat.

Kurniawan, A.R., dan Amri, N.A. 2019. Estimasi Sumberdaya Emas Menggunakan Metode Ordinary Kriging Pada Pit X, Pt. Indo Muro Kencana, Kec. Tanah Siang,Kab. Murung Raya, Kalimantan Tengah.

Hardyanto, S.W, dan Nurwaskito, A. 2015. Pemodelan Endapan Nikel Laterit, Kabupaten Morowali Provinsi Sulawei Tengah.

Irzan M.Z, dan Yuliadi, D.G. 2018. Pemodelan dan Estimasi Sumber Daya Nikel, Menggunakan Software Vulcan 9.1 di PT Vale Indonesia Tbk, Desa Soroako, Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan.

Rafsanjani, M.R., dan Djamaluddin, H.B. 2016. Estimasi Sumberdaya Bijih Nikel Laterit Dengan Mengunakan Metode IDW Provinsi Sulawesi Tenggara.

Diansyah, A, dan Djamaluddin, H.B. 2017. Pemodelan Dan Estimasi Sumberdaya Nikel Laterit Daerah “X†Mengunakan Software Datamine Studio 3 Pada PT. Vale Indonesia Liwi Timur Sulawesi Selatan.




DOI: https://doi.org/10.33387/geomining.v2i1.3921

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office : Program Studi Teknik Pertambangan Fakultas Teknik. Universitas Khairun | Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi, Kota Ternate, Indonesia 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.