PERANCANGAN PROGRAM FAKTOR KEAMANAN LERENG MENGGUNAKAN MATLAB PADA PT. ANTAM (PERSERO) Tbk UBPN MALUKU UTARA SITE PAKAL

George Belly Sahetapy, Patrick Marcell Fandy, Remuz MB Kmurawak

Sari


Analisis kestabilan lereng merupakan salah satu persoalan yang dihadapi dalam pekerjaan geoteknik di dunia tambang, hal ini bertujuan untuk menentukan bidang longsor dan menghitung faktor keamanaan lereng. Bahasa pemograman Matrix Laboratory (MATLAB) dibuat untuk menghitung nilai Faktor Keamanaan Minimum menggunakan metode Bishop disederhanakan untuk menganalisis kestabilan lereng tunggal dengan material homogen dan mempertimbangkan pengaruh phreatik surface atau kondisi air tanah dinamai Geomath Slope. Nilai standar faktor keamanan lereng tunggal adalah 1,3 [1], standar nilai FK ini digunakan oleh PT. ANTAM Tbk UBPN Maluku Utara sebagai standar untuk menganalisis kestabilan lereng. Hasil penelitian ini, nilai Faktor Keamanan lereng minimum Front Subaim secara manual dan Geomath Slope diperoleh FKmin adalah 2,5801 dan 2,5861 (FKmin > FKstandar) sehingga kondisi lereng aman. Pada Front Best nilai Faktor Keamanan lereng minimum secara manual dan Geomath Slope masing-masing adalah 1,8251 dan 1,8767 (FKmin > FKstandar) dengan kondisi lereng aman. Secara keseluruhan rata-rata perbedaan perhitungan faktor keamanan minimum secara manual dan program Geomath Slope tidak lebih dari 1,49%.

Kata kunci : Kestabilan Lereng, Faktor Keamanan, Metode Bishop disederhanakan, MATLAB


Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Cabri, L. J, Laflamme J. H. Gilles, Canmet Report 79-27, Can Mineral, Canada, 1979.

Hardiyatmo, H.C. “Mekanika Tanah 2â€, UGM Press, Yogyakarta, 2007.

Supriyadi, J., dan Widianti, A., Interpretasi Letak Bidang Longsor dan Faktor Aman Lereng dengan Bahasa Pemrograman MATLAB.

Bishop, A.W., “The use of Slip Circle in the Stability Analysis of Slopesâ€, Geotechnique, 1955.

Abdia Away, Gunaidi, “The Shortcut of MATLAB Programming, Edisi Revisiâ€, Informatika Bandung, Bandung, 2014.

Sahetapy, G.B., “Perancangan Program Faktor Keamanan Menggunakan MATLAB Pada PT. Antam (Persero) Tbk UBPN Site Pakal Provinsi Maluku Utaraâ€, Universitas Cenderawasih, Laporan Tugas Akhir, 2015.




DOI: https://doi.org/10.33387/geomining.v3i1.4725

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office : Program Studi Teknik Pertambangan Fakultas Teknik. Universitas Khairun | Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi, Kota Ternate, Indonesia 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.