Kerentanan Bencana Tanah Longsor di Wilayah Kecamatan Herolangelange Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan

Busthan Azikin, Syarifullah Bundang

Sari


Beberapa ruas jalan di wilayah Kecamatan Herolangelange dibuat melewati lahan perbukitan sehingga pemotongan lereng dilakukan. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis potensi bencana tanah longsor di wilayah Kecamatan Herlang. Aspek yang diobservasi dalam penelitian ini, yaitu  geometri lereng, jenis litologi, dan tingkat pelapukan batuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemiringan lereng agak terjal sampai terjal setempat agak landai dan batuan penyusun lereng adalah batuan tufa dan batugamping yang sudah mengalami pelapukan tinggi sampai pelapukan sempurna dan pada beberapa daerah telah menjadi tanah residu.  Dengan kondisi seperti disebutkan di atas maka area penelitian berpotensi mengalami tanah longsor. Pada lahan yang terjal  sampai sangat terjal berpotensi mengalami tanah longsor jenis debris slide dan pada lahan yang agak landai dan batuan penyusunnya lapuk tinggi sampai lapuk sempurna cenderung mengalami amblesan. Infomasi ini menjadi penting bagi instansi terkait karena dengan mengetahui potensi tanah longsor lebih awal maka mitigasi juga dapat dilakukan lebih awal.

Kata kunci: geometri lereng, batuan tufa dan batugamping ,pelapukan batuan, debris slide dan amblesan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Karnawati, D., “Bencana Alam Gerakan Massa Tanah Di Indonesia dan Upaya Penanggulangannyaâ€, Jurusan Teknik Geologi Fakultas Teknik Universitas Gajahmada, Yogyakarta, 2005.

Undul O., “Weathering Of Ultra Mafic Rocksâ€, Istambul University, Geological Engineering, ETH, Zurich, 2012.

Sukamto R. & Supriatna, S., Geologi Lembar Ujungpandang, Benteng dan Sinjai. Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Direktorat Pertambangan Umum Departemen Pertambangan dan Energi, Bandung, Indonesia, 1982.




DOI: https://doi.org/10.33387/geomining.v3i2.5493

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office : Program Studi Teknik Pertambangan Fakultas Teknik. Universitas Khairun | Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi, Kota Ternate, Indonesia 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.