PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SUB TEMA INTRODUCE MYSELF PADA KELAS VII-C SMP NEGERI 1 KOTA TERNATE

HAMIDAH ABAS

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write pada pelajaran Bahasa Inggris sub tema Introduce myself di kelas VII C. Model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write adalah model yang dapat memberi rangsangan siswa agar meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Model ini diterapkan berdasarkan tiga tahapan penting, yaitu tahap think (berpikir), talk (berdiskusi), dan write (menulis). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Ternate dengan subjek penelitian sebanyak 30 siswa.Data penelitian untuk hasil belajar bahasa Inggris diperoleh melalui tes evaluasi pembelajaran pada siklus I dan II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write di kelas tersebut dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris.Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan nilai siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus 1 terdapat 20 siswa yang tuntas belajar atau sebesar 65,2% dari keseluruhan siswa. Pada siklus selanjutnya terdapat 27 siswa yang tuntas belajar atau sebesar 91,3%. Hal ini menunjukan peningkatan hasil belajar kelas secara klasikal.

 

Kata kunci:  Pembelajaran kooperatif, think talk write, introduce myself.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.