PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIMPUNAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGHETHER (NHT) DI KELAS VII B SISWA SMP NEGERI 1 KOTA TERNATE
Sari
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Toghether (NHT) pada materi himpunan pada pembelajaran matematika. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B semester I SMP Negeri 1 Kota Ternate tahun pelajaran 2018/2019. Berdasarkan analisis data, secara klasikal menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada siklus I: 76,65 belum mencapai KKM dan pada siklus II 82,76% mengalami peningkatan sehingga dapat dikatakan bahwa ketuntasan hasil belajar peserta didik telah tercapai sesuai dengan KKM yaitu 75 pada siklus II 82,76%.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model kooperatif tipe Numbered Head Toghether pada materi himpunan dapat meningkatkan hasil belajar.
Â
Kata kunci: Himpunan, Numbered Head Toghether (NHT), hasil belajar, SMP Negeri 1 Kota Ternate
Teks Lengkap:
PDFRefbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.