PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS VIIC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PRAKARYA ASPEK PENGOLAHAN DI SMP NEGERI 1 KOTA TERNATE
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Make a Match dalam meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran prakarya aspek pengolahan yang dilakukan pada Oktober hingga Desember 2015 di SMP Negeri 1 Kota Ternate. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK),yang dilakukan pada siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Kota Ternate berjumlah 32 siswa. Model pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes, pemahaman, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan model pembelajaran Make a Match pada mata pelajaran Prakarya Aspek Pengolahan mempunyai dampak yang baik terhadap aktivitas siswa diantaranya; siswa menjadi lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran; sebagai contoh nyatanya terjadinya interaksi antara guru dengan siswa; adanya kerjasama yang baik pada setiap siswa dalam memecahkan masalah; siswa mulai mempunyai keberanian untuk mengutarakan pendapatnya pada saat presentasi dan bertanya kepada guru; interaksi antara guru dengan siswa terjalin dengan sangat baik serta siswa lebih antusias untuk mengikuti pembelajaran. 2) pembelajaran teori mata pelajaran prakarya aspek pengolahan dengan menerapkan model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas VII C Hasil penelitian siklus I menunjukkan hasil pre test dengan prosentase ketuntasan 6,25% dengan rata-rata 6,62, pada hasil post test menunjukkan prosentase ketuntasan 78,12% dengan rata-rata 7,89. Pada pre test siklus II menunjukkan hasil 15,62% dengan rata-rata 7,25, sedangkan hasil post test menunjukkan prosentase ketuntasan 96,87% dengan rata-rata 8,62. Prosentase peningkatan pada siklus I adalah 71,87% dan siklus II mencapai 81,25%.
Â
Kata kunci: Pemahaman, Prakarya Aspek Pengolahan, Model Make a Match
Teks Lengkap:
PDFRefbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.